Gencatan Senjata di Gaza Diprediksi Cegah Perang Besar-besaran antara Israel dan Hizbullah

Kamis, 04 Juli 2024 - 11:50 WIB
loading...
Gencatan Senjata di Gaza Diprediksi Cegah Perang Besar-besaran antara Israel dan Hizbullah
Perang besar-besaran Israel dan Hizbullah bisa gagal ketika gencatan senjata di Gaza sukses. Foto/AP
A A A
GAZA - Perundingan gencatan senjata antara Hamas dan Israel membuka kemungkinan kegagalan perang besar-besaran antara Israel dan Hizbullah.

Rami Khouri, analis politik dan peneliti terkemuka di American University of Beirut, mengatakan keuntungan lain bagi Perdana Menteri Israel Netanyahu dalam mencapai kesepakatan gencatan senjata dengan Hamas adalah mencegah perang di utara negara itu melawan Hizbullah, pada saat pasukan Israel kelelahan dan kewalahan secara militer.

“Pasukannya sudah habis. Tentara Israel kewalahan… Perekonomian berada dalam kesulitan besar akibat perang. Puluhan ribu warga Israel telah pindah dari wilayah selatan dan utara Israel. Semua masalah ini akan terselesaikan jika ada gencatan senjata,” kata Khouri kepada Al Jazeera.

“Netanyahu, khususnya, terus mengatakan kami akan menyerang Lebanon. Kami akan menghancurkan Hizbullah. Namun mereka tidak memiliki kapasitas untuk melakukan hal tersebut ketika mereka masih berperang di Gaza,” kata Khouri.

Khouri mengungkapkan, gencatan senjata penuh di Gaza akan memberikan apa yang diinginkan Hizbullah untuk menghentikan pertempurannya dengan Israel. “Hizbullah telah berkali-kali mengatakan: Kami akan berhenti menyerang Israel jika Israel berhenti menyerang Gaza.”

Lebih lanjut, Khouri mengatakan kabar tentang kebangkitan upaya gencatan senjata di Gaza kini lebih memberi harapan setelah berminggu-minggu di mana perundingan gencatan senjata “pada dasarnya terhenti”.

“Fakta bahwa mereka bertukar pikiran adalah hal yang bagus dan positif. Fakta bahwa kedua belah pihak telah menggunakan kata-kata dalam dua hari terakhir seperti ‘konstruktif’ dan ‘positif’ – berbicara tentang tanggapan atau sikap mereka – juga merupakan pertanda yang sangat baik,” kata Khouri kepada Al Jazeera.

Khouri menjelaskan, kabar buruknya adalah mereka masih terjebak pada poin-poin penting yang telah menjadi poin penting selama beberapa bulan ini.



“Artinya Hamas menginginkan kesepakatan yang mengakhiri kehadiran Israel di Gaza dan mengakhiri serangan Israel terhadap Gaza secara menyeluruh dan pasti. Sebagai imbalannya, Hamas akan mengembalikan semua sandera dan mereka ingin semua atau sebagian besar tahanan Palestina di Israel dibebaskan. Itu poin-poin kritisnya,” ujarnya.

Khouri menjelaskan Netanyahu berada di bawah tekanan kuat di Israel dari berbagai pihak. Dia tahu popularitasnya sedang menurun. Dia tahu bahwa lawan-lawannya – kebanyakan sayap kanan tengah – berencana mengadakan pemilihan umum.

“Dia terjebak dengan anggota kabinet sayap kanan dan fasis yang mengancam akan mundur jika dia melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai… Jadi dia mendapat banyak sekali tekanan padanya, dan dia tidak bisa terus menerus mengatur semuanya. Dia harus, pada titik tertentu, membuat keputusan," paparnya.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0701 seconds (0.1#10.140)
pixels