PM Ethiopia: Rakyat Rela Korbankan Nyawa Demi Bendungan Renaissance

Minggu, 23 Agustus 2020 - 04:04 WIB
loading...
PM Ethiopia: Rakyat Rela Korbankan Nyawa Demi Bendungan Renaissance
Bendungan Renaissance di Ethiopia. Foto/Business Monthly/Facebook
A A A
ADDIS ABABA - Perdana Menteri (PM) Ethiopia Abiy Ahmed menyatakan Ethiopia akan terus membangun Bendungan Renaissance dan tidak akan tunduk pada tekanan berbagai pihak.

Menurut Ahmed, pembangunan bendungan telah selesai 88% saat ini. “Bendungan itu simbol kebebasan dan kemerdekaan,” papar dia.

Ahmed menekankan, “Rakyat Ethiopia siap mengorbankan nyawanya demi menyelesaikan pembangunan bendungan itu.”

Saat wawancara dengan badan pemerintah terkait proyek bendungan, Ahmed menjelaskan penyelesaian Bendungan Renaissance akan dilanjutkan tidak peduli dengan perubahan pemerintahan karena negara memerlukan langkah ini.

Negosiasi terkait Bendungan Renaissance masih berlanjut dengan kesepakatan membentuk komite teknis dan legal untuk tiap tiga negara yang terkait pembangunan bendungan itu. (Baca Juga: Saudi: Harga untuk Hubungan dengan Israel adalah Negara Palestina)

Mesir, Sudan dan Ethiopia berselisih terkait pembangunan bendungan tersebut. Mesir dan Sudan merasa pembangunan bendungan itu dapat mengurangi akses air yang mengalir ke negaranya. (Baca Infografis: Korsel Membuat Mesin Tank 1500HP, Indonesia Jadi Calon Pembeli)

Ethiopia bersikeras bahwa bendungan itu sangat penting bagi negaranya untuk mengentaskan warganya dari kemiskinan. Bendungan itu akan menghasilkan listrik bagi Ethiopia yang sangat membutuhkan energi. (Lihat Video: Sosialisasi Kreatif Covid-19 di Kemang Raya Menggunakan Replika Peti Mati)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2411 seconds (0.1#10.140)