alexametrics

Pakistan Uji Tembak Rudal Balistik yang Mampu Bawa Hulu Ledak Nuklir

loading...
Pakistan Uji Tembak Rudal Balistik yang Mampu Bawa Hulu Ledak Nuklir
Uji tembak rudal balistik Shaheen-II Pakistan. Foto/ISPR/REUTERS
A+ A-
ISLAMABAD - Militer Pakistan berhasil menguji tembak rudal balistik Shaheen-II, Kamis (23/5/2019). Rudal tersebut diklaim mampu membawa hulu ledak nuklir.

Uji coba senjata ini diluncurkan sehari setelah menteri luar negeri negara tersebut menawarkan kembali kepada India untuk melanjutkan pembicaraan damai.

Menurut militer Pakistan, rudal Shaheen-II dapat membawa hulu ledak konvensional maupun nuklir hingga jangkauan 1.500 km.



"Uji peluncuran ini bertujuan untuk memastikan kesiapan operasional Komando Strategis Angkatan Darat," kata militer Pakistan dalam pernyataan yang dikutip Reuters.

Tes misil itu dilakukan ketika ketegangan dengan India masih memanas setelah kebuntuan militer awal tahun ini yang membuat kedua negara saling serang, di mana sebuah jet tempur India ditembak jatuh dalam pertempuran udara.

India meluncurkan serangan udara di wilayah Pakistan pada 26 Februari, menyusul serangan bom bunuh diri di Pulwama, wilayah Kashmir yang dikelola India, pada awal Februari. India menuding pelaku serangan bom tersebut adalah kelompok militan Jaish-e-Mohammed (JeM) yang bermarkas di Pakistan.

New Delhi juga menyalahkan Islamabad atas serangan bom yang menewaskan sekitar 40 polisi paramiliter India tersebut.

Sebagai responsnya, India mengklaim telah membombardir kamp pelatihan kelompok JeM di Pakistan. Namun, klaim itu diragukan karena tak ada bukti untuk mendukung.

Pakistan membantah terlibat dalam serangan bom bunuh diri Pulwama, dan melancarkan serangan balasan pada 27 Februari dengan menargetkan daerah-daerah yang tidak berpenduduk sebagai unjuk kekuatan.

Juru bicara militer Pakistan, Asif Ghafoor, mengatakan uji tembak rudal hari ini untuk menegaskan kembali sikap pencegahan nuklir Islamabad.

"Shaheen-II sepenuhnya memenuhi kebutuhan strategis (Pakistan) terhadap pemeliharaan stabilitas pencegahan yang diinginkan di kawasan ini," tulis Ghafoor di Twitter dengan mengunggah video uji senjata tersebut.

Tes misil bersamaan dengan proses penghitungan suara pemilu di India. Hasil exit poll menunjukkan Perdana Menteri Narendra Modi dan Bharatiya Janata Party (BJP)-nya unggul.

Pada hari Rabu, Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi bertemu secara singkat dengan Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj di sela-sela forum Shanghai Cooperation Organization (SCO) di Bishkek, ibu kota Kyrgyzstan.

Itu adalah interaksi langka pejabat tinggi kedua negara sejak India menangguhkan hampir semua dialog bilateral setelah kofrontasi singkat Februari lalu.

"Saya menjelaskan kepadanya bahwa kami ingin menyelesaikan semua masalah secara damai," kata Qureshi dalam sebuah pernyataan yang dirilis setelah pertemuan. Sedangkan Kementerian Luar Negeri India tidak mengomentari pertemuan itu.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak