Daftar Negara Timur Tengah, dari Rumah Situs Suci Islam hingga Negeri Tak Pernah Damai

Senin, 01 Juli 2024 - 13:07 WIB
loading...
Daftar Negara Timur Tengah, dari Rumah Situs Suci Islam hingga Negeri Tak Pernah Damai
Kakbah di Masjidilharam, Makkah, Arab Saudi. Kerajaan Arab Saudi menjadi bagian dari belasan negara di Timur Tengah. Foto/REUTERS/Mohammed Torokman
A A A
JAKARTA - Timur Tengah adalah sebuah wilayah geografis yang terletak di persimpangan tiga benua utama: Asia, Eropa, dan Afrika.

Secara tradisional, Timur Tengah mencakup sebagian besar negara-negara di bagian barat daya Asia, yang terletak di sepanjang pantai timur Laut Tengah.

Secara geografis, Timur Tengah umumnya mencakup negara-negara di Asia Barat seperti Arab Saudi, Iran, Irak, Israel, Yordania, Lebanon, Palestina, Suriah, Turki. Serta di Semenanjung Arab seperti Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, Kuwait, Oman, Bahrain, dan Yaman.



Daftar Negara-negara di Timur Tengah

1. Arab Saudi


Arab Saudi adalah salah satu negara terbesar di Timur Tengah dan dikenal sebagai rumah bagi dua kota suci Islam; Makkah dan Madinah.

Negara ini memiliki sistem pemerintahan monarki mutlak dan merupakan produsen minyak terbesar di dunia.

Kerajaan Arab Saudi saat ini dipimpin oleh Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud, namun Putra Mahkota Mohammed bin Salman dianggap banyak pihak sebagai pemimpin de facto.

2. Iran


Iran, secara geografis, mennadi negara terluas di Timur Tengah. Ia memiliki warisan sejarah yang sangat kaya.

Sebagai pusat dari Kekaisaran Persia kuno, Iran memiliki pengaruh budaya yang signifikan di seluruh wilayah Timur Tengah dan di luar kawasan.

Negara ini menganut sistem pemerintahan yang mereka namakan Republik Islam. Pemegang kekuasaan adalah Pemimpin Tertinggi, yang saat ini dipegang oleh Ayatollah Ali Khamenei.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)
pixels