alexametrics

Erdogan Sebut Cepat atau Lambat Turki Dapatkan F-35

loading...
Erdogan Sebut Cepat atau Lambat Turki Dapatkan F-35
Presiden Turki, Tayyip Erdogan mengatakan, cepat atau lambat Turki akan mendapatkan jet tempur F-35 Amerika Serikat (AS). Foto/Istimewa
A+ A-
ANKARA - Presiden Turki, Tayyip Erdogan mengatakan, cepat atau lambat Turki akan mendapatkan jet tempur F-35 Amerika Serikat (AS). Rencana pembelian dan pengembangan F-35 Turki terganggu, setelah mereka memutuskan membeli S-400 Rusia, langkah yang ditolak oleh AS.

Ketegangan antara AS dan Turki telah mencapai puncaknya dalam beberapa bulan terakhir, dengan Turki akan mulai menerima sistem rudal darat-ke-udara Rusia S-400. Kondisi ini, menurut Washington akan membahayakan peran Turki dalam program jet tempur F-35 dan dapat memicu sanksi kongres.

"Cepat atau lambat, kami akan menerima F-35 dan peralatan mereka. Sistem pertahanan S-400 juga akan datang ke negara kita," kata Erdogan saat melakukan pertemuan dengan sejumlah pemuda Turki.



"Sama sekali tidak ada pertanyaan untuk mundur pada masalah S-400. Ini kesepakatan yang dilakukan," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (19/5).

Sementara itu, sebelumnya Erdogan mengatakan Rusia dan Turki bersama-sama akan memproduksi sistem pertahanan rudal udara S-500 generasi berikutnya. "Akan ada produksi bersama S-500 setelah S-400," kata Erdogan.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak