Biden dan Trump Debat Perdana Capres AS: Petahana Paling Sepuh vs Terdakwa

Jum'at, 28 Juni 2024 - 08:41 WIB
loading...
Biden dan Trump Debat Perdana Capres AS: Petahana Paling Sepuh vs Terdakwa
Donald Trump (kiri) dan Joe Biden saat debat capres Amerika Serikat pada 2020 lalu. Kali ini, mereka kembali berdebat untuk bersaing menuju Gedung Putih pada pemilu November mendatang. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Joe Biden dan Donald Trump bersiap untuk debat perdana calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) pada hari Kamis waktu setempat atau hari Jumat (28/6/2024) WIB.

Debat perdana ini akan menjadi titik perubahan dalam pemilu November mendatang ketika jutaan pemilih menyaksikan "duel" dua kandidat.

Debat ini—antara Biden sang petahana tertua dan Trump sebagai terdakwa yang sudah divonis bersalah—menjadi senjata awal dalam kampanye musim panas yang penuh tekanan di Amerika Serikat yang sangat terpolarisasi dan tegang, serta masih dilanda kekacauan dan kekerasan yang menyertai pemilu tahun 2020.



Dengan hanya dua debat dalam siklus pemilu kali ini, momen hari Kamis waktu AS ini menjadi semakin penting, dan kedua kandidat telah meningkatkan serangan pribadi mereka, dengan jajak pendapat nasional menunjukkan keduanya bersaing ketat.

Ketika para kandidat menerapkan sentuhan akhir pada strategi debat mereka, satu pertanyaan penting masih tersisa: Apakah Trump, si petinju politik, akan mengendalikan kecenderungan agresifnya atau melepaskan sifat nakalnya, seperti yang dia lakukan dalam debat kacau pertama mereka empat tahun lalu?

“Saya pikir saya telah mempersiapkannya sepanjang hidup saya...Kami akan melakukannya dengan sangat baik,” kata Trump kepada jaringan sayap kanan Newsmax dalam sebuah wawancara tentang persiapan debatnya.

Presiden Joe Bide berusaha keras untuk menghindari kesalahan besar. Sementara itu, dia tidak melakukan apa pun pada hari Rabu—setidaknya di media sosial, di mana dia mengatakan: “Donald Trump adalah ancaman terbesar bagi demokrasi kita.” Itu menjadi sebuah pesan yang hampir pasti akan dia sampaikan pada malam debat.

Presiden Biden tiba pada hari Kamis dengan Air Force One di Atlanta, ibu kota medan pertempuran tenggara Georgia, untuk duel di markas besar CNN, sementara penantangnya terbang dengan jet pribadinya, yang dijuluki “Trump Force One".

Trump menikmati sedikit keuntungan di negara-negara bagian yang sangat penting, namun jajak pendapat secara keseluruhan terlihat sangat ketat dalam pemilu yang kemungkinan akan ditentukan oleh beberapa hasil foto di beberapa medan pertempuran.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)
pixels