Apa Itu Poros Impunitas yang Melawan Tatanan Dunia yang Sudah Ada?

Kamis, 27 Juni 2024 - 15:25 WIB
loading...
A A A

4. Bukan Hanya Menggertak Musuh

Apa Itu Poros Impunitas yang Melawan Tatanan Dunia yang Sudah Ada?

Foto/AP

Amerika Serikat dan Korea Selatan menuduh Korea Utara mengirim senjata ke Rusia untuk digunakan dalam perang di Ukraina, di mana tentara mereka terlibat dalam pertempuran brutal dengan pasukan Ukraina di garis depan sepanjang lebih dari 1.000 km (600 mil).

Pada minggu yang sama ketika Putin dan Kim bertemu, Departemen Luar Negeri AS mengatakan Korea Utara “secara tidak sah telah mentransfer puluhan rudal balistik dan lebih dari 11.000 kontainer amunisi untuk membantu upaya perang Rusia” dalam beberapa bulan terakhir.

Laporan akhir sebelum veto Rusia mengakhiri mandat mereka, mengatakan pecahan rudal balistik Korea Utara telah ditemukan di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina dan saat ini menjadi sasaran serangan baru Rusia.

Moskow diperkirakan akan memberikan keahlian teknologi sebagai imbalan atas bantuan tersebut. Hanya dua bulan setelah Kim dan Putin bertemu di Kosmodrom Vostochny Rusia pada September lalu, Korea Utara berhasil menempatkan satelit mata-mata pertamanya ke orbit. Upaya sebelumnya, hanya tiga minggu sebelum perjalanan, gagal.

Beberapa analis telah memperingatkan bahwa perjanjian tersebut merupakan tanda lain dari penguatan keselarasan antara negara-negara yang menentang AS dan “tatanan internasional berbasis aturan”, yang telah memberikan kerangka kerja bagi urusan internasional sejak akhir Perang Dunia II.

Menjelang kunjungannya ke Pyongyang, Putin berbicara tentang Rusia dan Korea Utara yang menentang “tekanan, pemerasan, dan ancaman militer AS” dan “mempercepat pembangunan dunia multi-kutub baru”.

5. Persatuan Negara-negara Musuh AS

Apa Itu Poros Impunitas yang Melawan Tatanan Dunia yang Sudah Ada?

Foto/AP

Menggambarkan “munculnya poros impunitas”, Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul, mengatakan bahwa meskipun kekuasaan adalah “segalanya” bagi negara-negara otoriter, hubungan mereka cenderung kurang stabil dibandingkan hubungan antara AS dan sekutunya. di Asia Pasifik dan tempat lain.

“Pyongyang dan Moskow tidak memiliki institusi bersama, supremasi hukum, dan saling ketergantungan fungsional yang membuat aliansi AS dengan Jepang, Korea Selatan, dan negara-negara NATO kredibel dan tahan lama,” kata Easley dalam komentar emailnya.

Yang lain menunjuk pada hubungan yang lebih transaksional antara kedua negara.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)
pixels