China: Fujian Adalah Kapal Induk Bertenaga Konvensional Terbesar di Dunia

Selasa, 25 Juni 2024 - 12:56 WIB
loading...
China: Fujian Adalah...
China klaim Fujian merupakan kapal induk bertenaga konvensional terbesar di dunia. Foto/Weibo via South China Morning Post
A A A
BEIJING - China telah mengeklaim Fujian merupakan kapal induk bertenaga konvensional terbesar di dunia.

Klaim itu disampaikan media pemerintah, CCTV, yang mengulas tinjauan mendalam pertama terhadap kekuatan dan sistem operasi kapal induk tersebut.

Menurut tinjauan CCTV, kapal induk tersebut telah mencapai sesuatu yang menyangkal anggapan umum bahwa mustahil menggunakan teknologi ketapel elektromagnetik canggih pada kapal bertenaga konvensional.

Sebelumnya diperkirakan hanya kapal bertenaga nuklir yang dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk meluncurkan pesawat menggunakan teknologi ketapel ektromagnetik.



“Fujian saat ini merupakan kapal induk bertenaga konvensional terbesar di dunia berdasarkan beratnya,” bunyi CCTV dalam sebuah program siaranya, yang dikutip South China Morning Post, Senin (24/6/2024).

"Dalam arti tertentu, semakin besar bobot kapal induk, semakin besar pula kekuatan tempurnya," lanjut laporan tersebut.

Fujian, kapal induk ketiga China dan yang pertama dibangun menggunakan desain dalam negeri, diluncurkan pada Juni 2022.

Pada saat itu, pihak berwenang mengatakan bobot muatan penuh—yang merupakan indikator utama daya dukung, jangkauan, kecepatan dan kemampuan manuver kapal—mencapai lebih dari 80.000 ton.

Dari segi ukuran, kapal ini sering dibandingkan dengan kapal induk supercarrier kelas Kitty Hawk Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang dinonaktifkan, yang terbesar adalah USS America dengan bobot sekitar 85.000 ton.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)