Selepas Lengser, PM Belanda Rutte Incar Jabatan Sekjen NATO

Rabu, 19 Juni 2024 - 14:43 WIB
loading...
A A A
Dukungan Hongaria ini menyusul pertemuan Orban dengan Stoltenberg pekan lalu, di mana kedua belah pihak sepakat bahwa Hongaria tidak akan menghalangi keputusan NATO dalam memberikan dukungan kepada Ukraina namun sepakat bahwa Hongaria tidak akan terlibat.

“PM Mark Rutte menegaskan bahwa dia mendukung penuh kesepakatan ini dan akan terus melakukannya, jika dia menjadi Sekretaris Jenderal NATO berikutnya,” tulis Orban di platform media sosial X.

"Sehubungan dengan janjinya, Hongaria siap mendukung pencalonan PM Rutte sebagai Sekretaris Jenderal NATO."



Orban sebelumnya menentang pencalonan Rutte karena dia menyatakan pendapat "bermasalah" termasuk gagasan bahwa Hongaria harus meninggalkan Uni Eropa.

Hongaria telah berselisih dengan negara-negara NATO lainnya mengenai upaya Orban yang terus membina hubungan dekat dengan Rusia dan penolakan mengirim senjata ke Ukraina. Menteri Luar Negeri Budapest bulan lalu menyebut rencana untuk membantu negara yang dilanda perang itu sebagai “misi gila.”

Turki dan Slovakia juga telah mengubah arah terhadap pencalonan Rutte, dimana Turki mengatakan akan mendukungnya pada akhir April dan Slovakia mengumumkan dukungannya pada hari Selasa.

Slovakia, yang berbatasan dengan Ukraina, telah menekankan perlunya pemimpin NATO berikutnya untuk membantu menangani perlindungan wilayah udara Slovakia, kata Presiden Peter Pellegrini, setelah pemerintah Slovakia sebelumnya menyumbangkan sistem S-300 ke Ukraina, dan sekutunya menarik keluar Patriot. baterai yang telah ditempatkan sementara di sana.

Masa jabatan Stoltenberg akan berakhir pada 1 Oktober, 10 tahun setelah menjabat pada tahun 2014, hanya beberapa bulan setelah Rusia mencaplok Krimea.

Selama masa jabatannya, Stoltenberg mengawasi peralihan NATO dari aliansi yang terutama terlibat dalam misi manajemen krisis di negara-negara jauh, seperti Afghanistan kembali ke akar pertahanannya melawan Rusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0772 seconds (0.1#10.140)