Ucapkan Selamat, Trump Telepon Presiden Baru Ukraina

Senin, 22 April 2019 - 22:23 WIB
Ucapkan Selamat, Trump Telepon Presiden Baru Ukraina
Ucapkan Selamat, Trump Telepon Presiden Baru Ukraina
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dilaporkan telah mengucapkan selamat kepada Vladimir Zelensky atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Ukraina.Zelensky dilaporkan mendapatkan sekitar 70 persen suara, unggul jauh dari Petro Poroshenko.

Perwakilan Khusus AS untuk Negosiasi Ukraina, Kurt Volker mengatakan, ucapan itu disampaikan Trump saat melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Zelensky.

"Trump menghubungi Vladimir Zelensky untuk memberi selamat atas kemenangannya dalam pemilihan dan rakyat Ukraina untuk pemilihan yang damai dan demokratis. Kami akan terus mendukung upaya Ukraina untuk mengembalikan integritas teritorialnya dan melawan agresi Rusia," ucap Volker.

Volker, dalam pernyataan di akun Twitternya, sepert dilansir Tass pada Senin (22/4) kemudian menyatakan rasa terima kasihnya kepada Poroshenko atas jasa-jasanya selama menjabat sebagai Presiden Ukraina.

"Kami memuji Poroshenko atas keberaniannya memimpin Ukraina melalui masa yang sangat sulit dan atas komitmennya pada lembaga-lembaga demokrasi AS dan karena menerima kehendak rakyat Ukraina," ungkapnya.

Zelensky memimpin dalam putaran kedua pemilihan presiden Ukraina dengan 73,01% suara setelah Komisi Pemilihan Umum Ukraina menghitung 50% surat suara pemilihan. Poroshenko hanya mendapatkan 24,65% suara. Menurut komisi itu, Zelensky telah memimpin di semua wilayah Ukraina, kecuali Wilayah Lvov.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3215 seconds (0.1#10.140)