Strategi Jeda Taktis Militer Israel Tuai Kontroversi

Minggu, 16 Juni 2024 - 21:05 WIB
loading...
Strategi Jeda Taktis Militer Israel Tuai Kontroversi
Strategi jedi taktis militer Israel menuai kontroversi. Foto/AP
A A A
GAZA - Militer Israel mengeluarkan pernyataan yang mengatakan akan ada “jeda taktis”, yang pada dasarnya terjadi pada siang hari, dari penyeberangan Karem Abu Salem menuju Rumah Sakit Eropa, di utara Rafah. Sarannya adalah bahwa ini adalah semacam hadiah agar lebih banyak bantuan dapat disalurkan.

Namun, kebijakan itu menimbulkan kontroversi di dalam negeri Israel. Kenapa?

Menteri pertahanan dan perdana menteri belum mendengar tentang jeda tersebut. Militer kemudian mengatakan bahwa pertempuran sebenarnya akan berlanjut di Rafah dan [wilayah yang dijeda] hanyalah jalur yang sangat kecil. Jadi, yang benar-benar dibutuhkan bukanlah memberikan banyak hal kepada rakyat Palestina atau memberikan lebih banyak bantuan kemanusiaan.

Pengumuman tersebut telah memicu badai api yang dapat diprediksi, terutama dari kelompok sayap kanan Israel yang mempertahankan kekuasaan Netanyahu, termasuk Menteri Keamanan Itamar Ben-Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich. Beberapa pandangan sayap kanan mereka tidak jauh berbeda dengan pandangan sebagian besar penduduk Israel.

Ben-Gvir telah menginstruksikan polisinya untuk tidak menghentikan pengunjuk rasa yang menyerang konvoi menuju Gaza. Sekitar 70 persen warga Israel dalam jajak pendapat baru-baru ini tidak mendukung bantuan yang masuk ke Gaza.



Menteri Keuangan sayap kanan Israel Bezalel Smotrich bergabung dengan rekannya Ben-Gvir dalam mengkritik “jeda taktis” yang diumumkan militer di sepanjang koridor bantuan kemanusiaan di Gaza selatan.

Dalam postingannya di X, Smotrich mengklaim bahwa sebagian besar bantuan yang masuk ke Gaza, di mana hampir semua penduduknya mengalami rawan pangan, ditujukan untuk Hamas, sehingga memperpanjang perang.

Pengumuman militer tentang “jeda taktis” untuk bantuan kemanusiaan, katanya, menunjukkan bahwa militer salah dalam memprioritaskan legitimasi internasional daripada “kemenangan”.

Smotrich mengatakan satu-satunya cara untuk memenangkan perang adalah dengan menduduki Gaza dan menerapkan pemerintahan militer sementara sampai Hamas dibasmi.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2566 seconds (0.1#10.140)
pixels