Dalam Suasana Duka, 40.000 Muslim Salat Iduladha di Masjid Al Aqsa

Minggu, 16 Juni 2024 - 18:30 WIB
loading...
Dalam Suasana Duka, 40.000 Muslim Salat Iduladha di Masjid Al Aqsa
Puluhan ribu umat Islam melaksanakan salat Iduladha di Masjid Al Aqsa. Foto/AP
A A A
GAZA - Sekitar 40.000 warga Palestina melaksanakan salat Iduladha di Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki pada Minggu (16/6/2024).

Namun tidak ada suasana meriah, mereka malah berduka atas para korban perang Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza selama lebih dari delapan bulan.

Departemen Wakaf Islam di Yerusalem mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sekitar 40.000 jamaah melaksanakan salat Idul Adha karena penutupan ketat terhadap jamaah yang mencegah ribuan orang masuk.

Kantor berita Palestina WAFA melaporkan bahwa “pasukan pendudukan (Israel) menyerang jamaah pada hari Minggu pagi dalam perjalanan mereka ke Masjid Al Aqsa dan ketika mereka meninggalkannya serta mencegah puluhan orang masuk untuk melaksanakan salat Idul Fitri.”

“Pada dini hari, pasukan pendudukan memasuki halaman Masjid Al Aqsa, memeriksa identitas jamaah, menghalangi pergerakan mereka, dan mencegah banyak pemuda masuk sehingga memaksa mereka untuk salat di luar pintu masjid,” tambahnya.

Sementara itu, ribuan warga Palestina melaksanakan salat Iduladha di Masjid Ibrahimi di Hebron, di wilayah selatan Tepi Barat yang diduduki, meskipun ada pembatasan keamanan yang diberlakukan oleh tentara Israel terhadap masuknya jamaah.

Kepala Departemen Wakaf Hebron, Ghassan Al-Rajabi, mengatakan kepada Anadolu bahwa “langkah-langkah yang diambil oleh pendudukan pada Idul Adha bertujuan untuk mencegah akses warga Palestina ke tempat-tempat suci, khususnya Masjid Ibrahimi.”



“Terlepas dari semua tindakan ini, antara 8.000 dan 10.000 warga Palestina tetap melaksanakan salat Iduladha di masjid,” tambahnya.

Jamaah harus melewati pos pemeriksaan militer dan kemudian gerbang elektronik untuk memasuki Masjid Ibrahimi dan salat di sana.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1925 seconds (0.1#10.140)
pixels