Kushner Menantu Trump di Balik Ide AS Jual Jet Tempur Siluman F-35 ke UEA

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 11:17 WIB
loading...
Kushner Menantu Trump di Balik Ide AS Jual Jet Tempur Siluman F-35 ke UEA
Pesawat jet tempur siluman F-35 Israel. Foto/REUTERS/Amir Cohen
A A A
WASHINGTON - Jared Kushner, penasihat senior yang juga menantu Presiden Donald Trump, menjadi sosok munculnya gagasan Amerika Serikat (AS) berencana menjual jet tempur siluman F-35 ke Uni Emirat Arab (UEA). Dorongan rahasia Kushner telah menyebabkan kebingungan dan frustrasi di antara lembaga pemerintah dan komite Kongres yang biasanya terlibat dalam penjualan senjata Amerika.

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan Kushner mendukung diskusi pemerintah Amerika dengan UEA tentang potensi penjualan senjata tingkat lanjut, yang dipimpin oleh Direktur Senior Dewan Keamanan Nasional (NSC) untuk Timur Tengah, Miguel Correa.

Dua pejabat Departemen Luar Negeri dan beberapa asisten Kongres mengatakan kepada CNN bahwa ketegangan pada detail tentang diskusi ini telah menciptakan kebingungan di seluruh pemerintah AS. (Baca: AS Pasok Jet Tempur Siluman F-35 Imbalan Normalisasi Emirat-Israel? )

Trump mengatakan potensi penjualan "sedang ditinjau" selama konferensi pers pada hari Rabu. Dia juga mengatakan bahwa Emirat memiliki dana untuk membayar perangkat keras militer Amerika. (Baca juga : Gubernur, Pangdam, Kapolda Disuntik Vaksin Sinovach 25 Agustus 2020 )

Pada hari Kamis, Menteri Urusan Luar Negeri UEA Anwar Gargash mengatakan pada acara Dewan Atlantik bahwa UEA telah mengindikasikan minatnya untuk memiliki F-35. "Pertama kali kami membuat permintaan ini adalah 6 tahun yang lalu. Kami harus mendapatkannya. Akan lebih mudah untuk mendapatkannya," kata Gargash yang menambahkan bahwa diskusi tentang F-35 tidak terkait dengan kesepakatan UEA dengan Israel .

Sebelumnya media Israel melaporkan kesepakatan damai UEA-Israel salah satunya dengan imbalan bahwa Amerika menjual senjata canggihnya termasuk jet tempur siluman F-35 ke Emirat. Namun, pemerintah Israel menepis laporan tersebut. (Baca juga : Kasus Virus Corona Global Tembus 23 Juta )

"Kami telah menerbangkan model paling canggih dari F-16 buatan AS selama lebih dari 15 tahun. Menghadapi ancaman baru dan musuh yang lebih canggih, UEA akan terus meningkatkan kemampuan pertahanan udara kami. F-35 telah menjadi bagian dari rencana ini selama lebih dari enam tahun," kata Kementerian Luar Negeri UEA dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (20/8/2020).

"Dengan penandatanganan perjanjian baru dan jaminan tambahan yang diberikannya, kami mengharapkan kerjasama keamanan yang lebih erat di antara ketiga negara termasuk pertahanan dan sistem udara," lanjut pernyataan itu.

The New York Times melaporkan pada hari Rabu bahwa militer Emirat diberi pengarahan rahasia oleh pejabat administrasi tentang jet tempur F-35 dalam beberapa pekan terakhir. (Baca juga: Israel Menentang Penjualan Jet Tempur Siluman F-35 AS ke UEA )

Laporan tentang kemungkinan kesepakatan penjualn senjata muncul hari Selasa ketika salah satu surat kabar terkemuka Israel menuduh ada "klausul rahasia" dalam kesepakatan Israel untuk menormalkan hubungan dengan UEA, yang akan memungkinkan UEA membeli miliaran dolar perangkat keras militer canggih dari AS, termasuk drone, pesawat tempur siluman F-35, dan persenjataan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)