10 Pemimpin Perang Terbaik dalam Sejarah, Nomor 5 Pernah Membebaskan Yerusalem

Minggu, 16 Juni 2024 - 20:26 WIB
loading...
A A A
Penaklukan brutal Attila the Hun atas sebagian besar wilayah Eropa Timur dan Tengah membuatnya mendapat julukan 'Pencambuk Tuhan'. Sebagai pemimpin gerombolan perampok haus darah yang terdiri dari Ostrogoth, Bulgar, Alan, dan Hun, Attila mengandalkan kecepatan dan kejutan untuk mengalahkan musuh-musuhnya dengan serangan kavaleri dan infanteri, sehingga menyebabkan kekalahan cepat mereka. Bersekutu dengan saudaranya Bleda, Attila tanpa ampun menerobos sebagian besar wilayah Romawi, hingga mencapai Gaul.

Amukan berdarahnya ke arah barat akhirnya dihentikan pada Pertempuran Dataran Catalaunian pada tahun 451 M, setelah itu ia menyerbu Italia dengan rencana untuk merebut Roma sendiri. Dia meninggal mendadak dua tahun kemudian, dan kekaisaran yang dia hancurkan dengan kejam dengan cepat runtuh karena ketidakhadirannya.


5. Shalahuddin

10 Pemimpin Perang Terbaik dalam Sejarah, Nomor 5 Pernah Membebaskan Yerusalem

Foto/WikiPedia

Melansir Sky History, lahir pada tahun 1137, Shalahuddin menjadi terkenal sebagai komandan militer yang tangguh selama Perang Salib. Sebagai Sultan Mesir dan Suriah, Shalahuddin bersumpah untuk menaklukkan kota suci Yerusalem, yang ia lakukan setelah Pertempuran Hattin pada tahun 1187.

Pada saat perebutan sebuah kota biasanya menyebabkan pembantaian sebagian besar penduduknya, selanjutnya Shalahuddin Perlakuannya yang sopan terhadap orang Kristen dan Yahudi membuatnya dihormati banyak orang di luar dunia Muslim.

Kemenangannya di Hattin dipandang sebagai titik balik yang menentukan dalam Perang Salib, yang mengkonsolidasikan kekuatan Muslim di wilayah tersebut selama berabad-abad. Dia meninggal pada tahun 1193 sebagai penguasa kerajaan besar yang tak tertandingi dan saat ini dihormati sebagai pemimpin militer Kurdi terbesar yang pernah hidup.

6. Jenghis Khan

Lahir pada tahun 1162, Jenghis Khan bangkit dari latar belakang sederhana menjadi salah satu jenderal terhebat dan paling menakutkan sepanjang masa.

Karir militernya dimulai pada konflik antar suku di Mongolia, di mana ia dengan cepat menunjukkan keahliannya sebagai pejuang dan ahli strategi yang luar biasa. Dia naik pangkat, akhirnya menyatukan suku-suku Mongol yang bertengkar di bawah kepemimpinannya.

Khan kemudian mulai menaklukkan sebagian besar wilayah China, Asia Tengah, dan sebagian Timur Tengah. Seorang ahli taktik yang brilian di lapangan, Khan adalah penguasa yang kejam. Pada saat kematiannya pada tahun 1227, sekitar 40 juta orang tewas akibat penaklukannya yang kejam.

7. Frederick The Great

Naik takhta Prusia pada tahun 1740 setelah kematian ayahnya yang pemarah, Frederick II mewarisi pasukan terbesar keempat di Eropa dan dia dengan cepat mulai memanfaatkannya dengan baik.

Frederick menunjukkan kecemerlangannya sebagai ahli taktik jenius selama Perang Suksesi Austria dan Perang Tujuh Tahun, di mana kemenangan di Hohenfriedberg, Leuthen, dan Rossbach memberinya reputasi sebagai komandan yang cepat, tegas, dan intuitif.

Ia kemudian memulai serangkaian reformasi militer yang dengan cepat mengangkat Prusia ke posisi kekuatan militer dominan di Eropa. Sebagai pelindung seni dan sains serta salah satu pemimpin militer terhebat sepanjang masa, Frederick Agung meninggal pada tahun 1786 pada usia 74 tahun.

8. Napoleon Bonaparte

10 Pemimpin Perang Terbaik dalam Sejarah, Nomor 5 Pernah Membebaskan Yerusalem

Foto/WikiPedia
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)