Parlemen Inggris Minta Assange Diekstradisi ke Swedia Dibanding ke AS

Sabtu, 13 April 2019 - 13:29 WIB
Parlemen Inggris Minta Assange Diekstradisi ke Swedia Dibanding ke AS
Parlemen Inggris Minta Assange Diekstradisi ke Swedia Dibanding ke AS
A A A
LONDON - Anggota Parlemen Inggris meminta kepada pemerintah untuk mengektradisi pendiri WikiLeaks ke Swedia, dibandingkan dengan Amerika Serikat (AS). Assange terkait kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan di Swedia.

Lebih dari 70 anggota parlemen Inggris telah menandatangani surat yang mendesak Menteri Dalam Negeri, Sajid Javid dan Menteri Dalam Negeri Bayangan, Diane Abbott untuk memprioritaskan permintaan ekstradisi Swedia atas permintaan AS untuk Assange, seandainya Swedia mengeluarkan permintaan semacam itu.

Menurut anggota parlemen, gerakan seperti itu akan mengirim pesan kuat tentang prioritas Inggris dalam menangani kekerasan seksual dan keseriusan yang ditampilkan dalam tuduhan tersebut.

"Kami tidak menganggap bersalah, tentu saja, tetapi kami percaya proses yang wajar harus diikuti dan aduan Swedia harus diselesaikan melalui jalur hukum," bunyi surat tersebut, seperti dilansir Sputnik pada Sabtu (13/4).

Para anggota parlemen juga menunjukkan bahwa beberapa tuduhan pemerkosaan terhadap Assange telah dibatalkan, karena kasusnya telah kadaluarsa. Satu-satunya tuduhan yang tersisa akan hangus pada Agustus 2020.

"Tuduhan lain sudah terikat waktu karena tidak hadirnya Assange. Keadilan telah ditolak sehubungan dengan tuduhan itu. Ada risiko serius bahwa jika Inggris tidak memberikan setiap kerja sama untuk setiap permintaan baru dari Swedia mungkin ada ketidakadilan selanjutnya," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4692 seconds (0.1#10.140)