Uji Coba Rudal Iskander, Rusia Gelar Latihan Nuklir Non-strategis

Rabu, 12 Juni 2024 - 15:43 WIB
loading...
Uji Coba Rudal Iskander, Rusia Gelar Latihan Nuklir Non-strategis
Rusia gelar latihan nuklir non-strategis. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia menggelar latihan nuklir non-strategis Rusia yang melibatkan distrik militer Leningrad dan angkatan laut dengan menggunakan rudal Iskander.

Rusia mengatakan pihaknya memulai latihan tahap kedua untuk mempraktikkan penempatan senjata nuklir taktis bersama pasukan Belarusia, setelah apa yang disebut Moskow sebagai ancaman dari negara-negara Barat.

“Personel formasi rudal Distrik Militer Leningrad sedang melakukan tugas pelatihan tempur,” kata Kementerian Pertahanan Rusia, dilansir Reuters.

Hal ini termasuk memperoleh amunisi pelatihan khusus untuk sistem rudal operasional-taktis Iskander-M. Itu akan melengkapi kendaraan peluncuran dengan amunisi tersebut dan secara diam-diam maju ke area posisi yang ditentukan untuk persiapan peluncuran rudal.

“Awak kapal angkatan laut yang terlibat dalam pelatihan tersebut akan melengkapi rudal jelajah berbasis laut dengan hulu ledak tiruan khusus dan memasuki area patroli yang ditentukan,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Melansir Pravda, latihan tersebut bertujuan untuk menjaga kesiapan personel dan peralatan unit untuk penggunaan tempur senjata nuklir non-strategis Rusia dan Belarusia untuk menjamin kedaulatan dan integritas wilayah tanpa syarat.

"Rusia dan Belarusia adalah persatuan supranasional yang terdiri dari Belarus dan Rusia, dengan tujuan memperdalam hubungan antara kedua negara melalui integrasi dalam kebijakan ekonomi dan pertahanan," demikian keterangan Kementerian Pertahanan Rusia.

Pada 10 Juni lalu, Menteri Pertahanan Belarusia Viktor Khrenin menyatakan bahwa negaranya telah berpartisipasi dalam latihan militer Rusia tahap kedua mengenai penggunaan senjata nuklir non-strategis.



Sebelumnya, Belarusia menyetujui doktrin militer baru yang, untuk pertama kalinya, mengatur penggunaan senjata nuklir. Senjata nuklir taktis Rusia diketahui dikerahkan di wilayah Belarusia berdasarkan perjanjian antara Minsk dan Moskow.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)
pixels