Diancam Putin, Biden Janji Ukraina Tak Gunakan Senjata AS untuk Serang Wilayah Rusia

Jum'at, 07 Juni 2024 - 10:26 WIB
loading...
Diancam Putin, Biden...
Presiden Joe Biden berjanji Ukraina tak akan gunakan senjata AS untuk menyerang wilayah Rusia. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden pada Kamis berjanji bahwa Ukraina tidakan akan menggunakan senjata pasokan Amerika Serikat (AS) untuk menyerang wilayah Rusia.

Pernyataan Biden muncul setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan mengirim senjata ke negara-negara musuh Barat.

Ancaman Putin itu sebagai respons asimetris setelah negara-negara NATO mengizinkan Kyiv menggunakan senjata pasokan mereka untuk menyerang wilayah Rusia.

“Mereka [senjata AS] diizinkan untuk digunakan di dekat perbatasan ketika mereka digunakan di sisi lain perbatasan untuk menyerang sasaran tertentu di Ukraina,” kata Biden kepada ABC News.



“Kami tidak mengizinkan serangan sejauh 200 mil ke Rusia dan kami tidak mengizinkan serangan terhadap Moskow, terhadap Kremlin," lanjut Biden, seperti dikutip dari AFP, Jumat (7/6/2024).

Para pejabat AS mengatakan pekan lalu bahwa Washington telah mencabut sebagian pembatasannya untuk memungkinkan Ukraina mempertahankan wilayah timur Kharkiv, yang berbatasan dengan Rusia.

Perubahan sikap AS ini oleh para pejabat dikaitkan dengan serangan harian Rusia terhadap Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Jerman juga mengatakan pihaknya telah memberikan izin kepada Ukraina untuk menembakkan senjata yang dikirim Jerman ke target di wilayah Rusia.

Biden mengatakan senjata yang dipasok AS adalah untuk menyerang tepat di seberang perbatasan, tempat pasukan Ukraina menerima tembakan yang signifikan dari senjata konvensional yang digunakan oleh Rusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)