Giliran Prancis Siap Pasok Jet Tempur ke Ukraina untuk Lawan Rusia

Jum'at, 07 Juni 2024 - 07:21 WIB
loading...
Giliran Prancis Siap Pasok Jet Tempur ke Ukraina untuk Lawan Rusia
Prancis siap memasok jet tempur Mirage 2000 ke Ukraina untuk melawan Rusia. Prancis ikuti jejak Belgia, Denmark, Belanda, dan Norwegia yang janjikan F-16 untuk Kyiv. Foto/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins
A A A
PARIS - Presiden Prancis Emmanuel Macron telah mengumumkan bahwa Paris akan memasok jet tempur Mirage 2000 ke Ukraina untuk digunakan dalam perang melawan invasi Rusia.

Langkah Prancis ini mengikuti jejak sekutu NATO lainnya, yakni Belgia, Denmark, Belanda, dan Norwegia, yang menjanjikan pasokan jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS) untuk Kyiv.

Menurut Macron, Paris juga akan melatih pilot Kyiv untuk menggunakan jet tempur Mirage 2000. Namun dia tidak merinci berapa jumlah pesawat yang akan diberikan, atau kapan akan tiba.

“Besok kami akan meluncurkan kerja sama baru dan mengumumkan transfer jet tempur Mirage 2000-5 ke Ukraina, yang dibuat oleh pabrikan Prancis; Dassault, dan melatih pilot Ukraina mereka di Prancis,” kata Macron kepada penyiar TF1 Prancis pada hari Kamis.



Selain pesawat tempur F-16 buatan AS, Kyiv juga telah lama meminta pesawat tempur Mirage 2000.

Dalam sebuah posting-an di media sosial pada bulan Januari, komandan Angkatan Udara Ukraina mengatakan bahwa jet-jet tersebut—kira-kira sebanding dengan F-16 tetapi dianggap lebih bermanuver—dapat “meningkatkan potensi tempur” armada Ukraina era Soviet.

Prancis memiliki sekitar 26 pesawat Mirage 2000-5 dan 65 pesawat Mirage 2000-D yang lebih tua yang masih aktif, menurut lembaga peringkat Flight International’s World Air Forces.

Tidak jelas apakah Macron bermaksud untuk menyisihkan salah satu armada tugas aktif Angkatan Udara Prancis, atau apakah jet yang tidak lagi bertugas akan ditugaskan kembali ke Kyiv.

Belgia, Denmark, Belanda, dan Norwegia semuanya telah berjanji untuk memasok pesawat tempur F-16 ke Ukraina, meskipun belum ada yang benar-benar dikirimkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)
pixels