Profil Mahmoud Ahmadinejad, dari Putra Seorang Pandai Besi hingga Jadi Presiden Iran

Senin, 03 Juni 2024 - 19:09 WIB
loading...
Profil Mahmoud Ahmadinejad, dari Putra Seorang Pandai Besi hingga Jadi Presiden Iran
Mahmoud
A A A
TEHERAN - Mendengar nama Mahmoud Ahmadinejad , sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi. Ia adalah presiden ke-6 Iran yang menjabat periode 2005-2013.

Baru-baru ini, Ahmadinejad menarik perhatian publik usai mendaftarkan diri sebagai kandidat calon presiden (capres) Iran. Ia berusaha untuk mendapatkan kembali posisi politik utama negara itu setelah Ebrahim Raisi meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter.

Pendaftaran Ahmadinejad menuai pro dan kontra. Di satu sisi, hal ini memberi tekanan pada Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, namun juga menjadi angin segar bagi pihak lain yang menjadi pendukungnya.

Sejak meninggalkan jabatannya, Ahmadinejad terus meningkatkan profilnya melalui media sosial. Tak jarang, ia juga mengkritik berbagai kebijakan pemerintah yang dirasa tidak sejalan.

Lebih jauh, siapa sebenarnya sosok Mahmoud Ahmadinejad ini? Berikut ulasan profilnya yang bisa disimak.

Profil Mahmoud Ahmadinejad

Mahmoud Ahmadinejad merupakan salah seorang tokoh nasional kenamaan di Iran. Sebagaimana diketahui, ia pernah menjadi Presiden Iran selama 8 tahun, tepatnya pada periode 2005 sampai 2013.

Ahmadinejad lahir di Garmsar, dekat Teheran pada 1956. Saat ini, usianya sudah menginjak angka ke-67 tahun.

Mengutip Reuters, Ahmadinejad memiliki ayah yang dulunya berprofesi sebagai pandai besi. Pada riwayat pendidikannya, ia pernah meraih gelar PhD dari Universitas Sains dan Teknologi Teheran.



Sempat menjadi dosen, namanya tidak cukup terkenal hingga diangkat menjadi wali kota Teheran pada 2003. Saat menjalankan tugasnya, Ahmadinejad mengurangi kebebasan sosial dan membatasi banyak reformasi yang sebelumnya diperkenalkan para pendahulunya.

Pada 2005, Ahmadinejad mengejutkan komunitas internasional ketika mendapat kemenangan telak dalam pemilihan presiden (Pilpres) Iran. Di luar dugaan, ia mampu mengalahkan petahana Ali Akbar Hashemi Rafsanjani.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2282 seconds (0.1#10.140)
pixels