alexametrics

Pentagon Ngotot Pensiunkan Kapal Induk Truman 25 Tahun Lebih Awal

loading...
Pentagon Ngotot Pensiunkan Kapal Induk Truman 25 Tahun Lebih Awal
Kapal induk Amerika Serikat USS Harry S Truman. Foto/REUTERS/Paul Farley
A+ A-
WASHINGTON - Pentagon membela keputusannnya untuk pensiunkan dini kapal induk USS Harry S Truman. Keinginan Pentagon itu telah ditentang para anggota parlemen karena kapal induk kelas Nimitz itu masih berumur 25 tahun untuk beroperasi ke depan.

Pelaksana Tugas Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Patrick Shanahan dalam paparannya di depan Komite Angkatan Bersenjata Senat hari Kamis bersikeras bahwa kapal induk Truman lebih baik pensiun dini.

Ketua Komite Layanan Angkatan Bersenjata Senat, Jim Inhofe, menanyakan alasan mengapan Pentagon ingin pensiunkan dini kapal induk tersebut.



Shanahan mengatakan, pensiunnya USS Harry S Truman diimbangi dengan pembelian dua kapal kapal induk kelas Ford masa depan dalam kesepakatan yang dinegosiasikan dengan Huntington Ingalls Industries yang diumumkan awal tahun ini.

"Biarkan saya berjalan melalui manfaat dari keputusan dan kemudian off-ramp potensial sehingga kita tidak menemukan diri kita dalam situasi yang sulit," kata Shanahan kepada Inhofe, dikutip USNI News, Jumat (15/3/2019).

“Dengan keputusan pembelian dua operator ini dan untuk tidak mengisi bahan bakar Truman, mematikan operator kami dan kemampuan kami meningkat dengan kedua operator (baru) tersebut," lanjut pengganti James Mattis tersebut.

"Yang kedua adalah, sampai pertengahan 2020-an kita mempertahankan level 11 operator. Bagian dari kalkulus di sini adalah mempertahankan pekerjaan. Bahkan, dengan keputusan (ini), kami menumbuhkan lapangan kerja di basis industri," paparnya.

"Kami ingin memastikan bahwa tidak hanya galangan kapal yang mempertahankan pekerjaan mereka, ada pertumbuhan, juga rantai pasokan. Yang terakhir adalah dana yang kami bebaskan untuk membuat keputusan ini diinvestasikan dalam kekuatan masa depan."

Anggota parlemen dari Partai Demokrat Joe Courtney, sebelumnya menegaskan bahwa pihaknya akan memblokir rencana Pentagon untuk menonaktifkan kapal induk USS Harry S Truman lebih cepat dari jadwalnya.

Pentagon berniat untuk pensiunkan USS Harry Truman lebih awal daripada menyelesaikan perombakannya pada tahun 2024. Perombakan itu berarti kapal induk bertenaga nuklir tersebut perlu diisi ulang dengan reaktor nuklir baru. Rencana Pentagon itu diklaim dapat menghemat USD30 miliar selama 25 tahun dan dananya bisa dialihkan untuk membangun kapal induk baru.

Umur operasional untuk kapal induk kelas Nimitz kira-kira 50 tahun, dan Truman mulai beroperasi pada tahun 1998. Courtney mengatakan kepada wartawan bahwa kapal induk itu terlalu muda untuk pensiun. Menurutnya, ada "nol" kesempatan untuk menyetujui penonaktifan kapal Harry S Truman pada tahun ini.

"Truman baru sekitar 25 tahun, yang dalam hal (umur) kapal induk sebenarnya cukup muda," katanya, menjelaskan bahwa rencana itu bertentangan dengan langkah-langkah untuk mengurangi ukuran armada kapal Angkatan Laut AS ketika Kongres mendukung ekspansi armada dengan pembelian dua operator tambahan, seperti dikutip Business Insider.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak