alexametrics

Jewel Changi Akan Hipnotis Wisatawan

loading...
Jewel Changi Akan Hipnotis Wisatawan
Jewel Changi Akan Hipnotis Wisatawan. (Dok. Koran SINDO).
A+ A-
SINGAPURA - Wisatawan dari seluruh dunia dipastikan sering terbang ke Bandara Changi, Singapura akan terkejut per 17 April mendatang. Changi akan membuka Jewel Changi Airport yang menghubungkan tiga dari empat terminal dengan gedung kaca berbenut donut seperti permata.

Jewel Changi Airport dipastikan dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan kebun magik yang didesain oleh Moshe Safdie. Kebun seluas 130.000 meter persegi itu dibangun dengan dana USD1,25 miliar dengn 10 lantai, lima lantai di atas dan lima lantai di bawah tanah.

Fasilitas baru Changi itu dilengkapi berbagai atraksi, kebun, 280 ritel, restoran, dan 130 kamar hotel. Nantinya, penumpang bisa mendapatkan akses untuk fasilitas check-in lebih cepat.



Salah satu fasilitas yang palig impresif adalah Rain Vortex. Itu merupakan air terjun terpanjang indoor di duia setinggi 130 kaki (40 meter). Selain itu, wisatawan juga menikmati Canopy Mazes, Sky Nets, Discovery Slides dan Canopy Bridge sepanjang 50 meter. Namun, berbagai atraksi itu tidak akan dibuka hingga pertengahan 2019.

Canopy Bridge menjadi atraksi menarik yakni jembatan sekitar 23 meter di atas tanah dengan lantai kaca. Itu akan menawarkan petualangan dan memberikan kesan yang menarik. Kalau bouncing net akan memberikan rasa petualangan baru dengan melompat di atas trampoline raksasa yang membentang 250 meter. Aspek keselamatan sangat diperhatikan dan kamu bisa bermain bebas.

Selain itu, ada juga walking net yakni jaring yang dipasang sekitar 25 meter di atas tanah. Kamu bisa merasakan sensasi yang menegangkan. Kemudian, hedge maze merupakan hedge maze terbesar di Singapura. Jangan sampai tersasar dan kamu bisa tertinggal jadwal pesawat ketika mencoba jalan keluar di Hedge Maze. Itu didesain oleh Adrian Fisher, salah satu desainer maze paling terkenal di dunia.

Khusus untuk Forest Valley, kebun empat lantai dengan 235.000 kaki meter persegi juga merupakan kebun indoor terbesar di Singapura. Konsep desainnya merupakan perpanjangan dari reputasi Singapura sebagai “Kota di dalam sebuah Kebun”.

“Saya ingin mengeksplorasi ruang urban baru. Ruang di mana kamu bisa kamu bisa berbelanja, karena kamu telah terbang ke mana saja. Pastinya, kamu membutuhkan kebun,” kata arsitek Safdie kepada CNN. “Salah satu alasan kenapa kita memenangkan lelang adalah konsep kebun seperti pusat perbelanjaan. Kamu tidak akan berpikir itu adalah pusat perbelanjaan, karena itu adalah pengalaman baru. Itu akan membuat kita berpikir ulang pusat urban yang bisa kita kembangkan pemikirannya,” paparnya.

Jewel Changi yang tetap diilih sebagai bandara terbaik versi Skytrax selama enam tahun berturut-turut menjadi prestasi yang sangat dibanggakan. Bandara Changi merupakan bandara tersibuk ketujuh untuk perjalanan internasional. Sebanyak 65,6 juta penumpang berlalu-lalang di empat terminal bandara tersebut pada 2018.

Pada 2017 lalu, Changi menampung 62,7 juta penumpang. “30% adalah penumpang transit,” kata Ivan Tan, juru bicara Changi Airport Group. Dia mengungkapkan, pihaknya mengamati peningkatan jumlah penumpang yang sering melakukan opsi untuk melakukan transit di Changi.

Hung Jean, CEO Jewel Changi Airport Development, mengungkapkan menjadikan bandara sebagai lokasi wisata menjadi tujuan utama kehadiran Jewel. Itu menjadi status Changi sebagia bandara penghubung internasional.

“Kita mengamati tren di mana banyak wisatawan menghabiskan sedikit waktu di kota besar. Mereka lebih suka mengeksplorasi destinasi untuk mendapatkan pengalaman bermakna,” ujar Hung. “Itu menjadikan posisi bandara penghubung sangat penting dalam perjalanan wisatawan,” paparnya.(Andika Hendra)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak