Norwegia: Ini Saat yang Tepat untuk Mengakui Negara Palestina

Senin, 27 Mei 2024 - 17:06 WIB
loading...
Norwegia: Ini Saat yang Tepat untuk Mengakui Negara Palestina
Norwegia mengajak banyak negara untuk mengakui negara Palestina. Foto/AP
A A A
LONDON - Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide mengatakan negaranya mengakui negara Palestina karena ini adalah hal yang benar untuk dilakukan. Dia juga mengakui bahwa lebih penting lagi karena ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya”.

Berbicara pada konferensi pers di Brussels bersama rekan-rekannya dari Spanyol dan Irlandia, dia berkata, “Selama bertahun-tahun, kami dan banyak negara lain mengharapkan untuk mengakui pada akhir proses perdamaian.

“Tetapi beberapa tahun yang lalu, kami menyadari bahwa kami sebenarnya perlu berpikir di luar kebiasaan”, katanya, dilansir Al Jazeera. Dia menambahkan bahwa pengakuan perlu datang pada saat yang memberikan “sinyal kuat”.

“Beberapa orang mungkin berpikir terdengar paradoks membicarakan solusi hari Selasa [pengakuan negara Palestina] di tengah perang,” katanya.



“Saat ini, kami mengalami kekerasan ekstrem di Gaza. Kita melihat warga Israel hidup dalam ketakutan akan terorisme dan serangan roket, dan kita melihat kekerasan yang dilakukan pemukim dan perluasan pemukiman ilegal di Tepi Barat,” lanjutnya.

“Kami sekarang melihat siklus kekerasan. Ini adalah titik terendah dalam sejarah panjang dan menyedihkan karena tidak adanya solusi terhadap masalah Israel-Palestina.

“Saya rasa yang kami berikan sekarang adalah perangkat lunak baru. Ini adalah visi 2.0 dimana pengakuan dini atas Palestina adalah salah satu dari beberapa bagian dari teka-teki besar tentang bagaimana membawa perdamaian ke Timur Tengah,” katanya.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0888 seconds (0.1#10.140)
pixels