Serangan Roket ke Israel Jadi Alasan Netanyahu untuk Pembenaran Ekspansi Militer di Rafah

Minggu, 26 Mei 2024 - 22:22 WIB
loading...
Serangan Roket ke Israel Jadi Alasan Netanyahu untuk Pembenaran Ekspansi Militer di Rafah
Hamas sukses meluncurkan serangan roket ke Tel Aviv. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Analis politik Israel Akiva Eldar mengatakan kepada Al Jazeera bahwa serangan roket terbaru ke Israel, yang dilaporkan diluncurkan dari Rafah, akan mendorong Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk “berperan sebagai korban”.

Eldar mengatakan hal itu juga akan memungkinkan PM untuk menentang keputusan ICJ untuk menghentikan operasi militer di Rafah dengan mengatakan bahwa hal itu diperlukan untuk menjamin keselamatan warga sipil Israel dalam menghadapi serangan semacam itu.

Eldar mengatakan serangan ini dapat membuat Netanyahu yakin bahwa ia mempunyai “alasan” untuk “menyerang lebih jauh ke Rafah sampai, seperti yang ia janjikan, kemenangan total.”

Sebelumnya, sayap bersenjata Hamas mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka telah meluncurkan “serangan roket besar” di pusat komersial Israel di Tel Aviv.


Brigade Ezzedine al-Qassam mengatakan dalam sebuah postingan di Telegram bahwa mereka telah menargetkan Tel Aviv "dengan serangan roket besar-besaran sebagai tanggapan atas pembantaian Zionis terhadap warga sipil".

Hal ini terjadi setelah kelompok Palestina mengatakan para pejuangnya telah menangkap tentara Israel selama pertempuran di Jabalia di Gaza utara pada hari Sabtu, meskipun militer Israel membantah klaim tersebut.

Juru bicara sayap bersenjata Hamas tidak mengatakan berapa banyak tentara yang diculik, dan tidak menunjukkan bukti atas klaim tersebut.

“Pejuang kami memancing pasukan Zionis untuk melakukan penyergapan di dalam terowongan… Para pejuang mundur setelah mereka meninggalkan semua anggota pasukannya tewas, terluka, dan ditangkap,” Abu Obaida, juru bicara Brigade Al Qassam, mengatakan dalam pesan yang direkam dan disiarkan oleh Al Jazeera pada Minggu pagi.

Militer Israel pada hari Minggu membantah klaim sayap bersenjata Hamas.

“IDF (Pasukan Pertahanan Israel) mengklarifikasi bahwa tidak ada insiden yang menyebabkan seorang tentara diculik,” kata militer dalam sebuah pernyataan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)
pixels