Erdogan Nyatakan Turki Siap Tengahi Konflik India-Pakistan

Minggu, 03 Maret 2019 - 13:05 WIB
Erdogan Nyatakan Turki Siap Tengahi Konflik India-Pakistan
Erdogan Nyatakan Turki Siap Tengahi Konflik India-Pakistan
A A A
ANKARA - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Ankara siap melakukan bagiannya untuk mengurangi ketegangan antara Pakistan dan India. Dia menuturkan, jika diminta, Turki siap jadi penengah.

"Meningkatnya ketegangan antara India dan Pakistan tidak membantu siapa pun," kata Erdogan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (3/3).

Di kesempatan yang sama, Erdogan juga memuji langkah Pakistan dalam menyerahkan Abhinandan Varthaman, pilot India yang mereka tangkap baru-baru ini. "Saya berharap dapat melihat langkah-langkah serupa dari India," sambungnya.

Varthaman (35) ditangkap militer Islamabad setelah pesawat jet tempur MiG-21 Bison yang dia terbangkan ke wilayah Kasmir Pakistan ditembak jatuh. Pilot tersebut sempat dipukuli warga Pakistan di Kashmir hingga wajahnya berlumuran darah, sebelum akhirnya diamankan militer Islamabad. Jet tempurnya ditembak jatuh pada hari Rabu lalu.

Terkait Varthaman, sebelumnya Perdana Menteri India, Narendra Modi memuji keberanian pilot Angkatan Udara India (IAF) tersebut.

"Dunia memperhatikan apa yang dilakukan India. India memiliki kekuatan untuk mengubah arti kata-kata dalam kamus, Abhinandan dulu berarti selamat datang. Dan sekarang makna bahasa Abhinandan akan berubah," kata Modi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4689 seconds (0.1#10.140)