Profil Bernie Sanders, Tokoh Politik AS yang Mendukung ICC Tangkap Benjamin Netanyahu

Sabtu, 25 Mei 2024 - 13:15 WIB
loading...
Profil Bernie Sanders, Tokoh Politik AS yang Mendukung ICC Tangkap Benjamin Netanyahu
Senator AS Bernie Sanders. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Bernie Sanders menjadi sosok yang cukup disorot baru-baru ini usai lontarkan pernyataan jika dirinya mendukung Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Sanders juga meminta ICC mengeluarkan surat penangkapan kepada Menteri Pertahanan Israel Yoev Gallant, pemimpin Hamas Yahya Sinwar, dan lainnya atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan, menurut laporan USA Today.

Namun sebenarnya, siapakah sosok Bernie Sanders yang memberikan pernyataan berani tersebut?

Mengingat tindakan tersebut sangatlah kontras dengan keputusan pemerintahan Biden yang mengesahkan lebih dari USD1 miliar bantuan senjata kepada pemerintah Israel.

Profil Bernie Sanders


Bernie Sanders adalah politikus Amerika Serikat yang menjabat sebagai Senator Amerika Serikat junior mewakili Vermont sejak 2007.

Sebagai wakil tunggal Vermont sejak 1991 hingga 2007, ia menjadi politikus independen dengan masa jabatan terlama sepanjang sejarah kongres Amerika Serikat.

Dilansir dari Britannica, Bernie Sanders lahir pada 8 September 1941, di Brooklyn, New York, AS. Sebelum menjadi senator, dirinya sempat menjabat sebagai wali kota Burlington, Vermont, dan sebagai anggota Dewan Perwakilan AS periode 1991-2007.

Dilihat dari latar belakangnya, dia merupakan keturunan Yahudi asal Polandia. Sanders dibesarkan di daerah Flatbush di Brooklyn, New York.

Dalam riwayat pendidikannya, dia sempat kuliah di Brooklyn College, kemudian pindah ke Universitas Chicago dan lulus tahun 1964.

Saat masih kuliah, ia aktif sebagai koordinator unjuk rasa Congress of Racial Equality dan Student Nonviolent Coordinating Committee untuk memperjuangkan gerakan hak sipil.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)
pixels