Dunia Puji Keputusan ICJ Setop Israel Serang Rafah, Zionis Marah, AS Ogah-ogahan

Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:01 WIB
loading...
A A A

AS Ogah-ogahan Merespons


Pemerintahan Presiden AS Joe Biden tidak segera mengomentari perintah ICJ pada Jumat pada saat penerbitannya, atau seruan baru menangguhkan transfer senjata ke Israel, dan tidak jelas seperti apa tanggapan resmi dari pemerintahan Biden.

Meskipun Washington telah menyatakan dengan tegas menentang “kasus genosida” Israel di ICJ, Washington telah berulang kali mengatakan mereka tidak akan mendukung invasi darat “skala penuh” ke Rafah tanpa rencana yang kredibel dari Israel mengenai cara meminimalkan penderitaan warga sipil.

“Seluruh dunia mengambil tindakan untuk menghentikan genosida terhadap warga Palestina, termasuk Mahkamah Internasional. Di mana garis merah Presiden Biden?” ujar anggota Kongres keturunan Palestina-Amerika Rashida Tlaib menulis di X.

“Sejauh yang saya tahu, ICJ bisa jadi kacau,” tulis Senator Partai Republik dari Carolina Selatan Lindsey Graham di Twitter. “Ini akan dan harus diabaikan oleh Israel.”

Graham adalah anggota kongres pro-Israel yang telah menerima USD1.000.580 dari kelompok lobi pro-Israel sejak tahun 1990.

Dewan Hubungan Islam Amerika “menyanjung” keputusan ICJ tersebut dan meminta pemerintahan Biden “untuk menghormati keputusan tersebut dengan menghentikan semua bantuan militer ke Israel”, dalam postingan di X.

Amnesty International juga mengulangi seruan untuk menghentikan serangan Rafah.

“Serangan darat dan perpindahan paksa massal yang diakibatkannya, menimbulkan risiko yang tidak dapat diperbaiki lagi terhadap hak-hak rakyat Palestina yang dilindungi Konvensi Genosida,” tegas Heba Morayef, direktur regional Amnesty untuk Timur Tengah dan Afrika Utara.

“Pihak berwenang Israel harus sepenuhnya menghentikan operasi militer di Rafah, karena tindakan militer apa pun yang sedang berlangsung dapat merupakan tindakan genosida,” ujar dia.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)
pixels