Bela Ukraina, Negara NATO Ini Pertimbangkan Tembak Jatuh Rudal Rusia

Jum'at, 24 Mei 2024 - 06:47 WIB
loading...
Bela Ukraina, Negara NATO Ini Pertimbangkan Tembak Jatuh Rudal Rusia
Polandia mempertimbangkan untuk menggunakan sistem pertahanan udaranya guna menembak jatuh rudal Rusia di wilayah Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
WARSAWA - Polandia, salah satu negara anggota NATO, sedang mempertimbangkan untuk menggunakan sistem pertahanan udaranya guna menembak jatuh rudal Rusia di wilayah Ukraina.

Itu disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Polandia Pawel Wronski kepada Ukrinform. Dia menanggapi desakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada sekutu Barat untuk mengerahkan sistem pertahanan mereka guna mencegat rudal Rusia di wilayah Ukraina.

Menurut Wronski, Warsawa sedang mendiskusikan kemungkinan tindakan tersebut.

“Masalah ini sedang dipertimbangkan dari sudut pandang hukum dan teknis,” kata Wronski, seperti dikutip dari Ukrinform, Jumat (24/5/2024).



Dia mencatat bahwa Kyiv sebelumnya telah meminta Warsawa untuk menggunakan pertahanan udaranya yang berbatasan dengan Rusia. Namun, dia menambahkan, belum ada keputusan yang diambil mengenai masalah ini.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menegaskan pada hari Selasa bahwa pendukung asing Kyiv mempunyai hak untuk menggunakan pertahanan udara di wilayah mereka guna menembak jatuh rudal Rusia di Ukraina.

Menurut Wronski, Warsawa telah membahas konsekuensi hukum dari tindakan tersebut sejak bulan Maret, ketika militer Polandia menuduh bahwa rudal jelajah yang diluncurkan dari udara Rusia telah memasuki wilayah udara negara tersebut selama sekitar 40 detik.

Saat itu, Kementerian Luar Negeri Polandia memanggil Duta Besar Rusia Sergey Andreev atas insiden tersebut. Namun Andreev menolak pertemuan tersebut setelah Warsawa menolak memberikan bukti.

Pihak berwenang Ukraina telah berulang kali mendesak negara-negara Barat untuk mengirimi mereka sistem pertahanan udara dan rudal, khususnya sistem pertahanan rudal Patriot buatan Amerika Serikat (AS).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)
pixels