Singapore Airlines Turbulensi Mengerikan: Orang-orang Terlempar, Mengira Pesawatnya Jatuh

Rabu, 22 Mei 2024 - 13:38 WIB
loading...
Singapore Airlines Turbulensi Mengerikan: Orang-orang Terlempar, Mengira Pesawatnya Jatuh
Singapore Airlines Penerbangan SQ321 mengalami turbulensi mengerikan, 1 penumpang tewas dan 30 lainnya terluka. Penumpang mengira pesawat tersebut akan jatuh. Foto/REUTERS
A A A
SINGAPURA - Toby Pearl sedang duduk di kursi kelas ekonominya di baris 43 dalam penerbangan Singapore Airlines dari London ke Singapura, Selasa (21/5/2024).

Tak lama kemudian, barang-barang pribadi, makanan, dan bahkan orang-orang terlempar ke sekitar kabin, menabrak loker di atas kepala dan menyebabkan masker oksigen terlepas dari langit-langit.

Pesawat Boeing 777 berukuran besar yang dioperasikan oleh Singapore Airlines itu mengalami turbulensi mengerikan sehingga mengakibatkan satu orang penumpang tewas dan puluhan lainnya luka parah.

Pearl mengatakan dia termasuk di antara penumpang yang bergegas memberikan pertolongan pertama segera setelah insiden, namun mereka tidak dapat membantu seorang warga Inggris berusia 73 tahun, yang meninggal karena dugaan serangan jantung.



“Lampu sabuk pengaman menyala dan segera setelah turbulensi terjadi, saya sendiri, diikuti sejumlah besar orang lainnya, terlempar ke udara dan menghantam atap,” kata Pearl menanggapi pertanyaan tertulis setelah pesawat melakukan pendaratan darurat di Bangkok.

"Rasanya seperti kami jatuh, saya pikir pesawatnya akan jatuh. Anda bisa mendengar pecahan kaca di bagian belakang kabin," ujarnya, seperti dikutip Bloomberg, Rabu (22/5/2024).

Terbang di ketinggian 37.000 kaki (11.200 meter) dan dengan sisa waktu dua jam sebelum pesawat dijadwalkan mendarat di Singapura, pesawat lorong ganda itu tiba-tiba dan dengan kuat terguncang oleh apa yang digambarkan Pearl sebagai "hantaman besar" yang membuat semua orang lengah, diikuti dengan dampak yang lebih kecil dan “lebih mudah dikelola”.

Pesawat tersebut dengan cepat memulai pengalihan darurat ke Bangkok, menurut data layanan pelacakan penerbangan Flightradar24.

Kru darurat mengatakan tujuh orang terluka parah dan dirawat di rumah sakit. Yang lainnya, termasuk Pearl, menerima pemeriksaan kesehatan dan porsi hamburger gratis sebelum diizinkan untuk perjalanan selanjutnya.

Kematian yang Langka


Meskipun turbulensi di ketinggian bukanlah kejadian langka, namun mengakibatkan korban jiwa.

Fenomena tersebut bisa disebabkan oleh meningkatnya kantong udara panas, atau awan cumulonimbus yang sering disertai hembusan angin dan badai.



Pada ketinggian yang lebih tinggi, pesawat mungkin mengalami turbulensi udara jernih secara tiba-tiba yang disebabkan oleh perbedaan kecepatan massa udara.

Sekitar 240 peristiwa turbulensi parah dilaporkan ke pembuat pesawat Eropa Airbus SE antara tahun 2014 hingga 2018. Cedera pada penumpang dan awak terjadi pada 30% penerbangan jarak jauh di mana peristiwa tersebut dilaporkan, dan 12% penerbangan jarak pendek, menurut dokumen pengarahan tentang fenomena tersebut.

Maskapai penerbangan menyarankan penumpang untuk tetap mengenakan sabuk pengaman mereka setiap saat, meskipun banyak orang melepaskan sabuk pengaman setelah pilot mematikan tanda untuk membuat diri mereka nyaman dalam perjalanan jauh.

“Lebih dari 75% cedera terkait turbulensi terjadi di ketinggian lebih dari 30.000 kaki, pada ketinggian ini Anda mendapatkan turbulensi udara jelas yang tidak dapat diprediksi,” kata Hassan Shahidi, CEO Flight Safety Foundation.

“Pesawat ini dirancang untuk tahan terhadap guncangan semacam itu, namun jika ada penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman, mereka tidak terlindungi.”

Koridor Rusia


Singapore Airlines Penerbangan SQ321 lepas landas dari London Heathrow pada pukul 22.38 waktu setempat pada 20 Mei dalam penerbangan 13 jam yang seharusnya berjalan lancar ke bandara Changi Singapura.

Maskapai ini menerbangi rute dari London empat kali sehari, dua kali menggunakan Boeing 777, dan dua kali dengan Airbus A380 superjumbo.

Menurut maskapai, Penerbangan SQ321 membawa 131 penumpang dan 12 kru, itu termasuk 47 penumpang dari Inggris dan 41 penumpang dari Singapura.

Pesawat tersebut terbang melintasi Eropa Timur, dan kemudian melintasi Laut Hitam menuju Georgia dan Tajikistan, mengambil koridor sempit yang kini digunakan maskapai penerbangan untuk menghindari wilayah udara Rusia dan Iran. Pesawat Boeing tersebut kemudian melaju ke selatan dan melintasi anak benua India.

Penyelidik kemungkinan akan melihat jadwal dan data penerbangan setelah pesawat melintasi Teluk Benggala menuju Myanmar dan selanjutnya ke Thailand untuk menentukan apa yang salah.

Saat pesawat tersebut berada di atas Myanmar, data di FlightRadar24 menunjukkan pesawat tersebut terbentur ke atas dan ke bawah sebelum kembali ke ketinggian jelajah sebelumnya sekitar empat menit kemudian.

Pesawat mengumumkan keadaan darurat tak lama kemudian dan mulai mendarat di Bangkok sekitar pukul 15.45 waktu setempat.

Pearl, seorang turis Inggris berusia 21 tahun yang sedang dalam perjalanan ke Australia untuk melakukan petualangan backpacking selama setahun, mengatakan setelah gelombang pertama kekacauan mereda, awak kabin dan penumpang memberikan bantuan pertolongan pertama kepada mereka yang membutuhkan di dalam pesawat.

Menurutnya, siapa pun yang memiliki pengalaman medis diminta untuk memperkenalkan diri mereka.

“Saya memberikan CPR, bergantian masuk dan keluar dengan pelanggan lain,” kata Pearl, yang mengaku pernah bekerja di rumah sakit sebagai pekerja pendukung layanan kesehatan.

Pearl mengatakan dia didiagnosis menderita kemungkinan patah tulang rusuk.

Bantuan Pertolongan Pertama


Penumpang yang mengalami luka berat dirawat di rumah sakit dekat Bandara Suvarnabhumi di pinggiran kota Bangkok, sedangkan penumpang yang mengalami luka ringan atau tanpa luka dirawat di bandara dan kemudian menunggu transfer ke Singapura.

Pearl cukup beruntung dapat melanjutkan perjalanannya, dan duduk di zona tertutup bersama sesama penumpang yang telah mengalami pengalaman mengerikan untuk menyelesaikan perjalanannya ke Singapura.

Penerbangan itu, Pearl segera diberitahu, kemudian ditunda selama tiga jam—meskipun hanya sedikit orang yang benar-benar peduli, katanya.

"Saya pikir masyarakat masih sangat terkejut," kata Pearl. "Itu pasti membuat Anda cemas untuk naik pesawat."
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0858 seconds (0.1#10.140)
pixels