Pemerintah Yaman-Houthi Lanjutkan Pertemuan Terkait Pertukaran Tahanan

Sabtu, 09 Februari 2019 - 13:57 WIB
Pemerintah Yaman-Houthi Lanjutkan Pertemuan Terkait Pertukaran Tahanan
Pemerintah Yaman-Houthi Lanjutkan Pertemuan Terkait Pertukaran Tahanan
A A A
AMMAN - Pemerintah Yaman dan kelompok pemberontak Houthi memutuskan untuk melanjutkan pertemuan mereka terkait pertukaran tahanan. Keduanya juga sepakat meminta waktu untuk menyelesaikan daftar tahanan yang akan dimasukkan dalam kesepakatan.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Utusan Khusus PBB untuk Yaman mengindikasikan bahwa kedua pihak menyatakan komitmen mereka untuk membebaskan semua napi dan tahanan serta mereka yang berada dalam tahanan rumah, yang akan dilaksanakan secara bertahap.

Keduanya juga memperbarui kesiapannya untuk mengerahkan semua upaya yang mungkin untuk merealisasikan tujuan ini dan untuk mempercepat proses memungkinkan para tahanan bersatu kembali dengan keluarga mereka seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (9/2/2019).

Pernyataan itu mengindikasikan bahwa komite yang mewakili kedua belah pihak membuat "kemajuan yang signifikan" untuk mengimplementasikan kesepakatan untuk membebaskan para tahanan karena lebih banyak informasi diberikan dalam hal ini selama pertemuan kedua di Amman.

Sub-komite yang dibentuk untuk melihat pertukaran badan-badan yang berafiliasi dengan kedua belah pihak juga mendukung rencana aksi yang akan dilaksanakan sejalan dengan jangka waktu tertentu.

Kantor utusan khusus PBB mengatakan akan terus mengerahkan upaya bersama dengan Palang Merah Internasional untuk mendukung semua upaya yang berusaha untuk mengimplementasikan perjanjian dan untuk menyediakan semua bantuan teknis yang diperlukan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3023 seconds (0.1#10.140)