4 Negara Pasifik yang Tidak Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB, Lengkap dengan Alasannya

Rabu, 15 Mei 2024 - 15:45 WIB
loading...
4 Negara Pasifik yang Tidak Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB, Lengkap dengan Alasannya
Majelis Umum PBB mendukung upaya Palestina menjadi anggota penuh PBB. Foto/REUTERS
A A A
PORT MORESBY - Terdapat empat negara Pasifik yang tidak mendukung Palestina untuk menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dalam pemungutan suara.

Majelis Umum PBB pada Jumat 10 Mei 2024, telah mengumumkan akan mengesahkan resolusi yang mendorong Dewan Keamanan (DK) PBB mempertimbangkan kembali keanggotaan Palestina di organisasi tersebut.

Hal tersebut disebabkan oleh hasil pemungutan suara yang dilakukan. Dari pemungutan suara tersebut, terdapat 143 suara mendukung, 9 menentang, dan 25 sisanya abstain.

Sembilan negara yang menentang ini diantaranya adalah Amerika Serikat, Hungaria, Israel, Argentina, Republik Ceko, dan empat negara Pasifik.

4 Negara Pasifik yang Tidak dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

1. Papua Nugini


Perwakilan Papua Nugini dalam pers.un.org, menyampaikan jika setiap hak dan keistimewaan yang diberikan kepada pihak-pihak yang ingin menjadi anggota PBB dan kewajiban mereka yang timbul dari upaya tersebut harus diberikan dengan cara yang sepenuhnya sesuai dengan Piagam PBB.

Karena itulah Papua Nugini menolak memberikan dukungannya pada Palestina karena tidak memberikan solusi jangka panjang.

Meski begitu, mereka menyampaikan keprihatinannya terkait seriusnya tantangan perdamaian dan keamanan yang dihadapi Palestina dan Israel.

2. Mikronesia


Mikronesia dan negara Pasifik lainnya disebut memiliki kesamaan suara dengan Amerika Serikat secara historis, menurut the national news.

Misalnya pada tahun 2010, Mikronesia memberikan suara mendukung AS sebanyak 47 kali dan hanya berbeda pendapat sebanyak tiga kali.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)
pixels