alexametrics

Jepang Sesalkan Keputusan Penangguhan INF, Tapi Pahami Alasan AS

loading...
Jepang Sesalkan Keputusan Penangguhan INF, Tapi Pahami Alasan AS
Jepang mengaku menyesalkan keputusan Amerika Serikat (AS) dan Rusia untuk menangguhkan Perjanjian Pasukan Nuklir Jangka Menengah atau INF. Foto/Istimewa
A+ A-
TOKYO - Jepang mengaku menyesalkan keputusan Amerika Serikat (AS) dan Rusia untuk menangguhkan Perjanjian Pasukan Nuklir Jangka Menengah atau INF. Namun, Tokyo menyatakan memahami alasan Washington menangguhkan perjanjian itu.

"Perjanjian itu telah memainkan peran bersejarah dalam pengendalian dan pengurangan senjata. Kami memenuhi syarat situasi di mana perjanjian itu harus diakhiri, karena tidak diterima," kata Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga.

"Namun, Tokyo dapat memahami esensi masalah yang memicu AS untuk mengumumkan keputusannya," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (4/2).



Seperti diketahui, AS telah menuduh Rusia melanggar perjanjian INF dan pada hari Jumat dan mengumumkan bahwa pihaknya menangguhkan perjanjian itu. AS juga menyatakan kemungkinan akan menarik diri secara penuh jika Rusia tidak mengubah sikapnya dalam kurun waktu enam bulan ke depan.

Sebagai respon atas keputusan AS tersebut, kemarin Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan Moskow akan turut menagguhkan perjanjian INF.

Putin juga telah memerintahkan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov dan Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu untuk tidak melanjutkan negosiasi mengenai perlucutan senjata dengan AS. Tetapi, Putin mencatat bahwa semua proposal Rusia tetap ada di atas meja.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak