Gedung Putih: Demokrat Tolak Tawaran Dialog Trump

Rabu, 16 Januari 2019 - 03:36 WIB
Gedung Putih: Demokrat Tolak Tawaran Dialog Trump
Gedung Putih: Demokrat Tolak Tawaran Dialog Trump
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih mengklaim Partai Demokrat menolak tawaran Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, untuk menghadiri makan siang di Gedung Putih dan melanjutkan diskusi mengenai kesepakatan untuk mengakhiri penutupan sebagian pemerintah. Hingga saat ini, penutupan pemerintah telah memasuki hari ke-25.

"Hari ini, presiden menawarkan kesempatan bagi Demokrat dan Republik untuk bertemu untuk makan siang di Gedung Putih. Sayangnya, tidak ada Demokrat yang akan hadir,” sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Presiden berharap untuk makan siang yang berfungsi dengan anggota DPR Republik untuk menyelesaikan krisis perbatasan dan membuka kembali pemerintah. Sudah waktunya bagi Demokrat untuk datang ke meja dan membuat kesepakatan," imbuhnya seperti dikutip dari Washington Examiner, Kamis (16/1/2019).

Sembilan anggota parlemen dari Partai Republik diharapkan untuk menghadiri makan siang dengan Trump untuk membahas situasi yang sedang berlangsung di perbatasan, yang ia sebut krisis kemanusiaan dan keamanan.

Presiden dan Demokrat telah menemui jalan buntu atas pendanaan untuk tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko. Trump menginginkan Kongres menyediakan dana USD5,7 miliar. Tetapi Demokrat menentang permintaan itu dan percaya bahwa negosiasi lebih lanjut tentang pendanaan tembok perbatasan harus dilakukan hanya ketika pemerintah telah dibuka kembali.

Sanders mengatakan Trump menawarkan kesepakatan yang mencakup teknologi tambahan di pintu masuk, memungkinkan anak di bawah umur dari Amerika Tengah untuk mencari suaka di negara asal mereka, dan hambatan fisik antara pintu masuk yang terbuat dari baja dan bukan beton.

"Karena Senator Schumer dan Ketua Pelosi menolak untuk berunding, Presiden Donald J. Trump dan timnya bekerja keras untuk menemukan solusi untuk menyelesaikan krisis kemanusiaan dan keamanan nasional di perbatasan dan membuka kembali pemerintah," katanya merujuk pada senator dari Partai Demokrat Chuck Schumer dan Ketua DPR Nancy Pelosi.

Trump bertemu dengan Ketua DPR Nancy Pelosi dan Pemimpin minoritas Senat Chuck Schumer, Minggu lalu untuk pembicaraan lebih lanjut mengenai kesepakatan untuk mengakhiri penutupan sebagian pemerintah, yang mempengaruhi sekitar 800.000 pekerja federal.

Tapi Trump menyebut pertemuan itu "buang-buang waktu" dan meninggalkan ruangan setelah Demokrat menegaskan kembali oposisi mereka untuk pendanaan untuk tembok itu.

Baca: Ucapkan Bye-bye, Trump Walk Out dari Pertemuan dengan Demokrat
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4614 seconds (0.1#10.140)