Kejutan, Trump Kunjungi Tentara AS di Zona Perang

Kamis, 27 Desember 2018 - 08:06 WIB
Kejutan, Trump Kunjungi Tentara AS di Zona Perang
Kejutan, Trump Kunjungi Tentara AS di Zona Perang
A A A
BAGHDAD - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan kejutan kepada tentara Amerika yang berada di Pangkalan Udara al-Asad, Irak. Orang nomor satu negara adidaya itu melakukan kunjungan tanpa pemberitahuan untuk bertemu dengan tentara AS dan pertama kalinya melakukan kunjungan ke zona perang aktif sejak menjabat pada tahun 2016 lalu.

Ibu negara Melania Trump juga ikut dalam kunjungan itu. Apa yang dilakukan Melania ini menabrak preseden soal mantan ibu negara yang bepergian ke zona perang.

"Presiden Trump dan Ibu Negara melakukan perjalanan ke Irak pada malam Natal untuk mengunjungi pasukan kami dan pemimpin senior militer untuk berterima kasih kepada mereka atas layanan mereka, keberhasilan mereka, dan pengorbanan mereka dan untuk mengucapkan Selamat Natal," kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders di Twitter, seperti dilansir dari ABC News, Kamis (27/12/2018).

Sementara itu juru bicara ibu negara, Stephanie Grisham, mengatakan Presiden Trump dan Melania awalnya berencana untuk meninggalkan Florida ke Irak. Grisham menegaskan jika perjalan ini bukanlah perjalanan tidak direncanakan yang dipengaruhi oleh penutupan pemerintah dan telah direncanakan selama 6 minggu.

"Kami akan pergi tanpa mempedulikan di mana kami berada," kata Grisham dari Irak dengan ibu negara.

"Ini sudah bekerja selama berminggu-minggu. (Perjalanan) itu adalah prioritas bagi mereka berdua," tegasnya.

Gedung Putih mengatakan presiden dan ibu negara akan membuat pemberhentian tambahan sekembalinya mereka ke AS, meskipun tujuan itu tidak diungkapkan.

Sementara ada pembicaraan tentang pergi ke Afghanistan, seorang mantan pejabat senior Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden Trump khawatir tentang keamanan di Afghanistan setelah dia melihat laporan "60 Menit" di wilayah tersebut.

"Dia mengatakan tentang betapa tidak stabilnya di negara itu. Itu meninggalkan kesan kepadanya bahwa (AS) benar-benar kehilangan kendali," kata mantan pejabat itu.

Trump juga prihatin dengan ongkos yang harus dikeluarkan untuk menjalankan helikopter untuk mencegah Taliban.

Trump dan Melania menghabiskan waktu sekitar tiga jam di al-Asad. al-Asad merupakan pangkalan militer utara AS di Provinsi Anbar, Irak barat, tempat kelahiran Negara Islam. Trump sempat mentweet video klip kunjungannya dengan tentara AS diiringi lagu "God Bless the USA" karya Lee Greenwood.

Selama berada di pangkalan, Trump bertemu dengan pasukan dan komandan senior militer serta membuat pernyataan kepada pasukan yang berkumpul di lokasi.

"Kita bukan lagi parasit, saudara-saudara. Kita dihormati lagi sebagai bangsa," kata Trump kepada tentara AS.

Selama kunjungannya ke al-Asad pada hari Rabu, Trump mengatakan ia tidak punya rencana sama sekali untuk mengeluarkan pasukan AS dari negara itu. Menurut Pentagon, Irak menampung sekitar 5.200 tentara Amerika.

Trump selama ini dikritik karena lalai untuk mengunjungi pasukan di zona perang tidak seperti para presiden sebelumnya. Namun selama pidatonya kepada pasukan di al Asas, Trump mengatakan bahwa ia ingin mengunjungi lebih awal tetapi karena masalah keamanan.

“Kami sebenarnya sudah bersiap untuk pergi bersama tetapi dibatalkan karena alasan keamanan karena banyak orang yang kasak kusuk mencari tahu. Sangat menyedihkan ketika Anda menghabiskan 7 triliun dolar di Timur Tengah dan masuk harus berada di bawah perlindungan besar-besaran ini dengan seluruh pesawat dan semua peralatan terbesar di dunia dan Anda melakukan segalanya untuk bisa masuk dengan aman,” kata Trump.

Para pendahulu langsung Trump masing-masing mengunjungi pasukan di wilayah tersebut jauh lebih awal: Presiden George W. Bush pertama kali melakukan perjalanan ke Baghdad pada November 2003, kira-kira delapan bulan setelah memerintahkan pasukan Amerika ke Irak.

Presiden Barack Obama, yang pertama kali mengunjungi Irak sebagai senator, melakukan perjalanan pertamanya sebagai Presiden pada April 2008, kira-kira tiga bulan setelah menjabat.

Trump pertama kali mengunjungi pasukan di luar negeri di Italia pada Mei 2017, sekitar empat bulan setelah menjabat.

Kunjungannya hari Rabu, sehari setelah Natal, melanjutkan tradisi panjang presiden mengunjungi tentara AS di dalam negeri atau di luar negeri selama musim liburan. Pada Hari Natal, Trump berpartisipasi dalam panggilan video dengan tentara AS yang bertugas di seluruh negeri dan luar negeri selama liburan.

Kunjungan Trump terjadi setelah keputusannya untuk menarik pasukan AS dari Suriah mengejutkan Washington, anggota parlemen, anggota pemerintahan dan sekutu Amerika di seluruh dunia dan di lapangan yang tengah bertempur melawan ISIS di Suriah.

Pada hari Kamis, pemerintahan Trump mengumumkan rencana untuk mengurangi jumlah pasukan AS di Afghanistan, memotong pasukan saat ini dari 14.000 menjadi 7.000. Pasukan itu dapat kembali ke rumah pada akhir musim semi, kata seorang pejabat Amerika kepada ABC News.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4611 seconds (0.1#10.140)