PM Australia Pangkas Pajak Jelang Pemilu

Rabu, 19 Desember 2018 - 11:05 WIB
PM Australia Pangkas Pajak Jelang Pemilu
PM Australia Pangkas Pajak Jelang Pemilu
A A A
SYDNEY - Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison berupaya menggalang lebih banyak dukungan pemilih dengan menawarkan pemangkasan pajak hingga 9 miliar dolar Australia.

Tawaran itu diungkapkan saat Morrison menghadapi potensi kekalahan pada pemilu Mei mendatang. ”Kami mendukung pajak lebih rendah,” ungkap Deputi PM dan Bendahara Australia Josh Frydenberg yang menekankan pentingnya keputusan pajak tersebut.

Anggaran pertengahan tahun yang dirilis pekan ini menunjukkan pemerintah mengalami defisit lebih kecil dibandingkan proyeksi dan kemungkinan surplus tahun depan. Pemangkasan pajak itu bernilai sekitar 9,25 miliar dolar Australia.

Koalisi berkuasa kubu konservatif dalam sejumlah survei menghadapi risiko kekalahan melawan sayap kiri-tengah Partai Buruh, menurut hasil survei terbaru Newspoll. Berharap kegembiraan Natal dapat memperbaiki keberuntungannya, Morrison tampaknya ingin memberikan sejumlah janji pada para pemilih yang masih skeptis pada koalisi berkuasa.

Pemerintah Australia tidak menjelaskan dengan rinci apa pemangkasan pajak yang akan dilakukan. ”Ini pemangkasan pajak (atau kemungkinan kebijakan belanja) yang akan diumumkan antara sekarang dan pemilu tahun depan,” papar Andrew Hanlan, ekonom dari Westpac.

Para pakar menyatakan, defisit yang lebih sedikit berkat pendapatan pajak yang lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi dan harga komoditas yang naik. Ekonomi Australia tumbuh stabil dalam beberapa dekade tapi mulai melambat di tengah konflik dagang antara China dan Amerika Serikat (AS) serta adanya tekanan domestik. Tanggal pemilu belum diumumkan dan diperkirakan digelar pada Mei tahun depan. (Syarifudin)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4709 seconds (0.1#10.140)