Disambar Rudal Rusia, Tower TV 240 Meter Ukraina Patah Jadi Dua

Selasa, 23 April 2024 - 07:55 WIB
loading...
Disambar Rudal Rusia, Tower TV 240 Meter Ukraina Patah Jadi Dua
Tower televisi setinggi 240 meter di Kharkiv, Ukraina, patah menjadi dua setelah disambar rudal Rusia pada hari Senin (22/4/2024). Foto/via Russia Today
A A A
KHARKIV - Tower atau menara televisi (TV) setinggi 240 meter di kota Kharkiv, Ukraina, patah menjadi dua dan runtuh pada hari Senin. Menurut pejabat setempat, menara itu runtuh setelah disambar rudal Rusia.

Sinyal penyiaran telah terganggu di kota terbesar kedua di Ukraina, yang telah dihantam oleh serangan rudal dan drone Rusia dalam beberapa pekan terakhir.

“Saat ini ada gangguan pada sinyal televisi digital,” kata Gubernur Kharkiv Oleh Syniehubov, seperti dikutip Reuters, Selasa (23/4/2024).



Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam serangan tersebut karena para pekerja berada di tempat penampungan.

Rekaman video dari lokasi kejadian menunjukkan tiang utama menara putus dan runtuh saat kepulan asap membubung ke langit.

Menurut Kejaksaan Kharkiv, Rusia kemungkinan menggunakan rudal jelajah Kh-59 dalam serangan tersebut.

Rekaman video tersebut menguatkan video dari sudut lain yang menunjukkan momen yang sama saat puncak menara TV runtuh.

Rusia pertama kali menyerang menara televisi Kharkiv beberapa kali pada awal Maret 2022 segera setelah Rusia melancarkan invasi besar-besaran. Sinyalnya terganggu saat itu.

Moskow baru-baru ini meningkatkan serangannya, sementara Ukraina kekurangan kemampuan pertahanan udara. Kharkiv dan wilayah sekitarnya telah mengalami serangan paling hebat dalam beberapa pekan terakhir.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)