Mengapa Israel Mengincar Kota Isfahan Iran untuk Dihancurkan?

Senin, 22 April 2024 - 18:01 WIB
loading...
Mengapa Israel Mengincar Kota Isfahan Iran untuk Dihancurkan?
Isfahan menjadi target khusus Israel dalam melancarkan serangan balasan. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Meningkatnya ketegangan antara Iran dan Israel telah membuat masyarakat di wilayah tersebut gelisah selama beberapa hari terakhir.

Pada Jumat lalu, media AS mengatakan bahwa Israel melakukan serangan balasan terhadap Iran, mengklaim bahwa sasaran tertentu di provinsi Isfahan telah diserang.

Berita serangan Israel terhadap Iran, yang awalnya diberitakan oleh ABC News yang mengutip seorang pejabat Amerika, kemudian disebarluaskan oleh media lain.

Para pejabat Iran mengklaim bahwa tidak ada serangan signifikan terhadap Iran. Teheran bersikeras bahwa itu hanyalah serangan pesawat tak berawak kecil. Para pejabat Iran mengatakan ledakan yang terdengar di Isfahan adalah akibat dari aktivasi sistem pertahanan udara Iran terhadap “sasaran mencurigakan” di Pangkalan Udara Tempur ke-8 di Isfahan.

Sementara perdebatan di pers AS dan Iran mengenai serangan Israel terhadap Isfahan terus berlanjut, surat kabar Jerusalem Post Israel membuat pernyataan menarik, menyatakan bahwa Israel tidak mengakui serangan terhadap Iran karena alasan strategis, namun tidak jelas mengapa Pentagon membocorkan informasi. tentang serangan ini kepada media Amerika.

Mengapa Israel Mengincar Kota Isfahan Iran untuk Dihancurkan?

1. Terletak di Jantung Iran dan Pusat Kekuatan Iran

Mengapa Israel Mengincar Kota Isfahan Iran untuk Dihancurkan?

Foto/Reuters

Melansir TRT World, Isfahan secara geografis terletak di jantung Iran, dan juga dianggap sebagai pusat kekuatan militer Iran.

Memang benar, Isfahan diakui sebagai kawasan industri paling maju di Iran. Intinya, Isfahan adalah pusat strategis kekuatan militer Iran. Aset strategis utama Iran, seperti Fasilitas Nuklir Natanz, pabrik produksi UAV Shahed, serta pabrik pengembangan dan produksi rudal, terletak di sana.


2. Pusat Pengembangan Nuklir dan Teknologi Militer Iran

Mengapa Israel Mengincar Kota Isfahan Iran untuk Dihancurkan?

Foto/Reuters

Selain itu, pusat penelitian dan pengembangan Iran di bidang nuklir, UAV, dan rudal juga terletak di Isfahan.

Misalnya, Perusahaan Industri Manufaktur Pesawat Iran, Kompleks Industri Pertahanan Isfahan, dan Universitas Teknologi Malek Ashtar, yang penting bagi kekuatan militer strategis Iran, terletak di Isfahan. Dari perspektif ini, pemilihan Isfahan oleh Israel untuk menyampaikan pesan kepada Iran mempunyai arti penting.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)