alexametrics

AS Kecam Tindakan Militer Sepihak Turki di Suriah

loading...
AS Kecam Tindakan Militer Sepihak Turki di Suriah
Amerika Serikat (AS) mengecam keputusan Turki untuk melancarkan operasi militer sepihak di Suriah. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengecam keputusan Turki untuk melancarkan operasi militer sepihak di Suriah. Washington menyatakan, Ankara harus berkonsultasi dengan AS sebelum melancarkan operasi militer di Suriah.

Kemarin, Presiden Turki, Tayyip Erdogan menuturkan, pihaknya akan kembali memulai operasi militer di wilayah timur sungai Efrat, di bagian utara Suriah dalam beberapa hari ke depan.

"Aksi militer sepihak ke Suriah timur laut oleh pihak manapun, terutama karena personel AS mungkin ada atau di sekitarnya, adalah keprihatinan serius," kata juru bicara Kementerian Pertahanan AS, Komandan Sean Robertson.



"Kami akan menemukan tindakan seperti itu tidak dapat diterima, koordinasi dan konsultasi antara AS dan Turki adalah satu-satunya pendekatan untuk mengatasi masalah kekhawatiran keamanan di bidang ini," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (13/12).

Robertson menuturkan percaya bahwa kerjasama Kelompok Kerja Tingkat Tinggi di Suriah dengan Turki adalah satu-satunya cara untuk mengamankan wilayah perbatasan timur laut secara berkelanjutan.

"Operasi militer yang tidak terkoordinasi akan merusak kepentingan bersama AS-Turki di Suriah. Sebagai sekutu NATO dan mitra kunci dalam Koalisi global melawan kelompok teroris ISIS kedua negara memiliki kewajiban serius terhadap keamanan satu sama lain," tambahnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak