Liga Arab Peringatkan Brazil Soal Pemindahah Kedubes ke Yerusalem

Selasa, 11 Desember 2018 - 20:21 WIB
Liga Arab Peringatkan Brazil Soal Pemindahah Kedubes ke Yerusalem
Liga Arab Peringatkan Brazil Soal Pemindahah Kedubes ke Yerusalem
A A A
RIYADH - Liga Arab telah mengatakan kepada Presiden terpilih Brazil, Jair Bolsonaro, bahwa memindahkan kedutaan Brazil di Israel ke Yerusalem akan menjadi kemunduran untuk hubungan dengan negara-negara Arab.

Langkah yang direncanakan Bolsonaro, yang akan mulai menjabat mulai 1 Januari 2019, akan menjadi perubahan tajam dalam kebijakan luar negeri Brasil, yang secara tradisional mendukung solusi dua negara terhadap konflik Israel-Palestina.

Dalam sebuah surat kepada Bolsonaro, Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit mengatakan, keputusan tentang di mana untuk menempatkan kedutaan di Yerusalem adalah keputusan berdaulat negara mana pun.

"Namun, situasi Israel tidak normal, melihat bahwa itu adalah negara yang telah menduduki wilayah Palestina dengan kekuatan, di antara mereka Yerusalem Timur," bunyi surat tersebut, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (11/12).

"Memindahkan kedutaan ke Yerusalem akan dianggap sebagai pelanggaran hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan Nasional PBB," sambungnya.

Sementara itu, seorang diplomat negara Arab menuturkan, para Duta Besar dari negara-negara Arab diperkirakan akan bertemu di Brasilia untuk membahas rencana Bolsonaro untuk mengikuti keputusan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump untuk memindahkan kedutaan dari Tel Aviv untuk mengakui Jerusalem adalah ibu kota Israel.

“Dunia Arab sangat menghormati Brasil dan kami ingin tidak hanya mempertahankan hubungan tetapi juga meningkatkan dan mendiversifikasi mereka. Namun, niat memindahkan kedutaan ke Yerusalem bisa membahayakan mereka,” kata diplomat itu.

Brasil adalah salah satu pengekspor daging halal terbesar di dunia dan perdagangan itu bisa mendapat masalah jika Bolsonaro membuat marah negara-negara Arab dengan memindahkan kedutaan. Itu bisa merugikan ekspor ke pasar utama Timur Tengah untuk produsen daging sapi dan unggas Brasil.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4515 seconds (0.1#10.140)