7 Fakta Yordania Tembak Jatuh Drone dan Rudal Iran yang Serang Israel

Senin, 15 April 2024 - 11:09 WIB
loading...
A A A

6. Israel Gembira tapi Umat Islam Murka


Keterlibatan Yordania dalam membantu pertahanan Zionis disambut baik oleh orang-orang Israel yang lebih tua, yang ingat saat Yordania dulu pernah menyerang Israel.

Namun warga Palestina dan umat Islam mengecam peran Yordania, menuduh kerajaan tersebut memihak Israel pada saat serangan militer Zionis di Gaza telah menewaskan lebih dari 33.000 warga Palestina.

Amir Tibon, jurnalis surat kabar Israel Haaretz, memuji peran yang dimainkan para sekutu Israel, termasuk Yordania. Dia menyebutnya sebagai, “Pelajaran penting bagi kami orang Israel.”

“Ilmu pengetahuan, teknologi, dan aliansi dengan dunia: Inilah hal-hal yang menyatukan Israel,” tulis dia.

7. Yordania Tangkapi Para Demonstran Pro-Palestina


Demonstrasi besar-besaran pro-Palestina telah terjadi di Yordania sejak perang dimulai pada bulan Oktober, dan pihak berwenang seringkali memberikan tanggapan yang keras.

Tahun ini, Amnesty International mengkritik kerajaan Yordania karena menangkap lebih dari 1.000 pengunjuk rasa dan lainnya.

Pengguna media sosial membagikan meme penguasa Yordania, Raja Abdullah II, yang mengenakan seragam militer Israel.

Dalam postingan di X, Dima Khatib, direktur pelaksana AJ+, organisasi berita digital milik jaringan pan-Arab Al Jazeera, menyebut tindakan Yordania “mengejutkan.”

“Negara-negara sahabat merespons, bukan terhadap serangan pesawat, drone, dan rudal Israel terhadap Palestina, namun terhadap serangan yang menargetkan Israel,” tulis dia.

“Ada warga negara Arab yang mengambil tindakan untuk melindungi Israel dan menonton saja ketika orang-orang Palestina dibom,” ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)