Serangan Cuma Sehari, Seriuskah Iran dan Israel Berperang?

Senin, 15 April 2024 - 08:30 WIB
loading...
A A A
Media Israel melaporkan kerugian itu pada Minggu (14/4/2024), dilansir Anadolu Agency.

Harian Yedioth Ahronoth mengutip Brigadir Jenderal Ram Aminach, mantan penasihat keuangan kepala staf Israel, mengatakan, “Biaya pertahanan tadi malam diperkirakan antara 4-5 miliar shekel (USD1,08-1,35 miliar).”

“Saya hanya berbicara tentang intersepsi terhadap apa yang diluncurkan Iran dan kali ini bukan cedera yang kecil,” katanya.

“Satu rudal ‘Arrow’ yang digunakan untuk mencegat rudal balistik Iran berharga USD3,5 juta, sedangkan biaya satu rudal ‘Magic Wand’ adalah USD1 juta, di luar berbagai jenis pesawat yang berpartisipasi dalam mencegat drone Iran,” papar Aminach.

Sebelumnya pada Minggu, surat kabar Israel Haaretz mengutip juru bicara militer Israel Daniel Hagari yang mengatakan sekitar 350 rudal dan drone diluncurkan dari Iran ke Israel, sebagian besar berhasil dicegat.

Jika terjadi perang skala penuh, tentu kerugian yang dialami Israel akan lebih besar. Apalagi saat ini perekonomian rezim kolonial Zionis sudah terpukul akibat genosida yang dilakukannya di Jalur Gaza.

2. Iran Tak Ingin Perang Skala Penuh


Serangan ini terjadi dalam waktu yang singkat, hanya dalam satu hari. Ini bisa menunjukkan Iran mungkin tidak berniat untuk memulai perang skala penuh, tetapi lebih kepada menunjukkan kekuatannya dan memberikan balasan atas serangan Israel sebelumnya.

Iran mengungkapkan tak menginginkan perang skala penuh melawan Israel namun siap membalas jika Israel atau Amerika Serikat melancarkan serangan.

3. Kekuatan Militer Iran Tak Bisa Diremehkan


Musuh-musuh Iran tentu mempertimbangkan kekuatan militer Teheran yang tak bisa diremehkan. Berdasarkan laporan Global Firepower, kekuatan militer Iran lebih unggul dibandingkan dengan Israel.

Dari 145 negara, angkatan bersenjata Iran menempati peringkat ke-14 sebagai militer terkuat di dunia. Sementara Israel berada di peringkat ke-17, tiga peringkat setelah Iran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)