Presiden Ukraina Tuding Putin Ingin Caplok Seluruh Wilayahnya

Kamis, 29 November 2018 - 22:19 WIB
Presiden Ukraina Tuding Putin Ingin Caplok Seluruh Wilayahnya
Presiden Ukraina Tuding Putin Ingin Caplok Seluruh Wilayahnya
A A A
KIEV - Presiden Ukraina, Petro Poroshenko menuduh Presiden Rusia, Vladimir Putin ingin mencaplok seluruh negaranya dan menyerukan NATO untuk menyebarkan kapal perang ke laut yang dimiliki oleh kedua negara.

Berbicara saat melakukan wawancara dengan media Jerman, Bild, Poroshenko mengatakan bahwa Putin ingin mencoba menghidupkan kembali kerajaan Rusia yang lama, yang turut mencakup Ukraina dan sejumlah negara di kawasan.

"Jangan percaya kebohongan Putin," kata Poroshenko dalam wawancara tersebut, seperti dilansir Reuters pada Kamis (29/11).

"Putin ingin kerajaan tua Rusia kembali. Crimea, Donbass, seluruh negeri. Seperti Rusia Tsar, ketika dia melihat dirinya sendiri, kekaisarannya tidak bisa berfungsi tanpa Ukraina. Dia melihat kita sebagai koloninya," sambungnya.

Poroshenko dalam wawacara itu juga mendesak NATO untuk mengirim kapal perang ke Laut Azov. Permintaan itu diajukan Poroshenko pasca konfrontasi angkatan laut Ukraina dengan Rusia di luar Crimea.

"Jerman adalah salah satu sekutu terdekat kami dan kami berharap bahwa negara-negara dalam NATO sekarang siap untuk merelokasi kapal-kapal laut ke Laut Azov guna membantu Ukraina dan memberikan keamanan," katanya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5358 seconds (0.1#10.140)