AS Minta Tolong China Redam Iran agar Tak Serang Israel

Sabtu, 13 April 2024 - 18:30 WIB
loading...
AS Minta Tolong China Redam Iran agar Tak Serang Israel
Pendukung Palestina berkumpul di depan Kantor Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Teheran, Iran. Foto/Fatemeh Bahrami/Anadolu
A A A
WASHINGTON - Dengan meningkatnya kekhawatiran atas pembalasan Iran terhadap agresi Israel, Amerika Serikat (AS) mendesak China menggunakan pengaruhnya terhadap Republik Islam tersebut.

Washington meminta Beijing dan negara-negara lain, termasuk Turki dan Arab Saudi, untuk mendesak Teheran agar tidak melancarkan serangan balasan terhadap Israel setelah serangan udara Zionis terhadap konsulat Iran di Suriah pekan lalu.

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken berbicara dengan rekan-rekannya, termasuk Menteri Luar Negeri China Wang Yi, pekan ini di tengah meningkatnya kekhawatiran di Washington akan serangan Iran yang akan segera terjadi.

“Kami juga telah menjalin hubungan dengan sekutu dan mitra Eropa selama beberapa hari terakhir dan mendesak mereka juga untuk mengirimkan pesan yang jelas kepada Iran: bahwa eskalasi bukanlah kepentingan Iran, bukan kepentingan kawasan, dan bukan kepentingan dunia,” ujar juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matt Miller.

Jelas melanggar hukum internasional, serangan udara Israel pekan lalu menargetkan konsulat Iran di Damaskus, menewaskan beberapa komandan militer Iran di Lebanon dan Suriah.

Hal ini menandai peningkatan ketegangan regional yang signifikan dalam permusuhan yang sedang berlangsung antara Israel dan Iran.



Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyatakan serangan itu setara dengan serangan terhadap wilayah Iran, dan menyatakan Israel harus “dihukum”.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian juga menyampaikan sentimen serupa, dengan menekankan hak Iran “membela secara sah” melawan “agresor” yang melanggar hukum internasional.

Sebagai tanggapan, Presiden AS Joe Biden menyatakan dukungannya yang “sangat kuat” terhadap negara apartheid Israel, dan menekankan AS akan melakukan “semua yang kami bisa” untuk melindungi keamanan sekutu terbesarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)