AS Siap Bela Israel Mati-matian, Kerahkan Pasukan dan Kapal Perang

Sabtu, 13 April 2024 - 08:20 WIB
loading...
AS Siap Bela Israel Mati-matian, Kerahkan Pasukan dan Kapal Perang
Presiden AS Joe Biden siap membela Israel mati-matian. Foto/AP/Alex Brandon
A A A
WASHINGTON - Kapal perang dan pasukan Amerika Serikat (AS) di Timur Tengah bersiap menghadapi kemungkinan serangan Iran terhadap Israel pada Jumat (12/4/2024).

Seiring dengan itu, Presiden AS Joe Biden mendesak Iran berubah pikiran.

Para pemimpin Iran telah bersumpah “menghukum” Israel atas serangan udara tanggal 1 April terhadap konsulat di Damaskus, Suriah, yang menewaskan tujuh perwira Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), termasuk dua jenderalnya.

“Jangan,” ujar Biden pada hari Jumat, ketika ditanya apa pesannya kepada Iran.

“Kami berdedikasi untuk membela Israel. Kami akan mendukung Israel. Kami akan membantu membela Israel, dan Iran tidak akan berhasil,” tegas Biden.

“Pentagon sedang memindahkan pasukan dan peralatan tambahan ke lokasi-lokasi di Timur Tengah, untuk meningkatkan upaya pencegahan regional dan meningkatkan perlindungan pasukan,” ujar seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dalam penjelasan singkatnya.

Departemen Pertahanan AS tidak merinci jumlah atau jenis aset yang dikerahkan, namun menurut Wall Street Journal, dua kapal perusak, termasuk satu kapal dipersenjatai dengan sistem pertahanan rudal Aegis, telah “diposisikan ulang” di wilayah tersebut.



Sementara itu, Kepala Komando Pusat AS Jenderal Michael Kurilla telah memperpanjang masa tinggalnya di Israel, Axios melaporkan mengutip para pejabat Israel.

Kurilla tiba pada Kamis untuk “mengkoordinasikan” pertahanan dari kemungkinan serangan Iran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)