UE Desak Turki Hentikan Eksplorasi Minyak di Mediterania Timur

Senin, 17 Agustus 2020 - 16:54 WIB
loading...
UE Desak Turki Hentikan Eksplorasi Minyak di Mediterania Timur
Uni Eropa (UE) mendesak Turki untuk menghentikan kegiatan pengeborannya di Mediterania Timur. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) mendesak Turki untuk menghentikan kegiatan pengeborannya di Mediterania Timur. Desakan itu disampaikan Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Josep Borrell.

"Saya menyerukan kepada pihak berwenang Turki untuk segera mengakhiri kegiatan ini dan untuk terlibat sepenuhnya dan dengan niat baik dalam dialog yang luas dengan Uni Eropa," kata Borrell dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (17/8/2020).

Pada awal Agustus, Turki melanjutkan aktivitas pengeboran gasnya di wilayah sengketa di Mediterania timur, yang dianggap oleh Yunani dan Siprus sebagai perairan teritorial mereka. ( )

Ini mendorong tanggapan keras dari Athena yang berjanji untuk melindungi kedaulatannya dengan segala cara yang diperlukan, termasuk yang militer, sambil menempatkan angkatan bersenjatanya dalam siaga tinggi.

Wilayah sengketa yang dimaksud juga mencakup pulau Kastellorizo Yunani yang terletak tidak jauh dari pantai Turki. Ketidaksepakatan Ankara-Athena juga dipanaskan oleh aktivitas eksplorasi gas Turki di lepas pantai Siprus.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)