4 Upaya Israel Menghancurkan Masjidil Aqsa, Pernah Dibakar hingga Lakukan Penutupan Akses bagi Muslim

Kamis, 11 April 2024 - 13:27 WIB
loading...
4 Upaya Israel Menghancurkan Masjidil Aqsa, Pernah Dibakar hingga Lakukan Penutupan Akses bagi Muslim
Polisi Israel dikerahkan di kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem. Foto/AP
A A A
YERUSALEM - Upaya Israel menghancurkan Masjidil Aqsa atau Masjid Al Aqsa memiliki tujuan tersendiri, salah satunya adalah mencari jejak kuil suci Sulaiman.

Namun kebanyakan kelompok pejuang Palestina percaya jika upaya tersebut dilakukan supaya Zionis dapat membangun kuil baru.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, belum lama ini memberikan pernyataan jika Israel bisa saja dengan mudah menghancurkan Masjid Al Aqsa yang menjadi pusat konflik di Yerusalem, namun dengan tegas mereka tidak mau melakukannya.

“Jika Israel ingin menghancurkan Al-Aqsa, hal itu tidak memerlukan upaya besar… tapi hal itu bertentangan dengan semua yang kami perjuangkan,” ujar perdana menteri tersebut.

Meski begitu banyak pihak yang tidak percaya dengan pernyataan Netanyahu, terlebih setelah apa yang dilakukan Israel di wilayah tersebut pada masa lalu.

Masjidil Aqsa yang berada di Temple of Mount jadi situs suci baik untuk umat Islam maupun Yahudi. Tempat ini jugalah yang kerap jadi pusat konflik utama antara Israel dan Palestina selama beberapa dekade.

Terdapat beberapa upaya Israel menghancurkan Masjidil Aqsa yang memperkeruh konfliknya dengan negara mayoritas Islam, mulai dari pembakaran hingga penutupan akses ke wilayah tersebut.

Upaya Israel Menghancurkan Masjidil Aqsa

1. Pembakaran Masjidil Aqsa di Tahun 1969


Pada tahun 1969 silam seorang Yahudi Australia, Michael Rohan, berkoordinasi dengan otoritas pendudukan Israel dan pasukan militernya untuk membakar Masjidil Aqsa.

Menurut Middle East Monitor, serangan tersebut dipicu oleh kebencian, intoleransi, dan diskriminasi rasial yang ditanamkan para pendiri Israel terhadap masyarakat Arab, Islam, dan Kristen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)