Khamenei: Israel Harus Dihukum atas Serangan ke Konsulat Iran di Suriah

Rabu, 10 April 2024 - 21:40 WIB
loading...
Khamenei: Israel Harus Dihukum atas Serangan ke Konsulat Iran di Suriah
Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menegaskan Israel harus dihukum. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Pemimpin tertinggi Iran , Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan bahwa Israel "harus dihukum dan harus dihukum" karena menyerang kompleks kedutaan Iran di Suriah.

Dalam peningkatan besar perang Israel dengan musuh regional, pesawat tempur Israel diduga mengebom konsulat Iran di ibu kota Suriah pada tanggal 1 April dalam serangan yang menurut Iran menewaskan tujuh penasihat militer.

“Ketika mereka menyerang konsulat, mereka seolah-olah menyerang wilayah kami,” kata Khamenei dalam pidatonya yang menandai akhir bulan suci Ramadhan. “Rezim jahat melakukan kesalahan dan harus dihukum dan memang demikian,” tambahnya.

Sebagai tanggapan nyata terhadap Khamenei, Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengatakan pada hari Rabu bahwa Israel akan merespons jika Iran menyerang Israel dari wilayahnya sendiri.

“Jika Iran menyerang dari wilayahnya sendiri, Israel akan membalas dan menyerang di Iran,” kata Katz dalam postingan di platform media sosial X.



Iran mendukung kelompok-kelompok yang ikut terlibat dalam konflik di wilayah tersebut sejak Israel melancarkan invasi ke Gaza menyusul serangan Hamas terhadap Israel selatan pada 7 Oktober.

Sekitar 33.360 warga Palestina tewas dalam enam bulan pemboman Israel di Gaza. Serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel menewaskan 1.200 orang, menurut penghitungan Israel.

Kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran setiap hari saling baku tembak dengan Israel, sementara kelompok Irak menembaki pasukan AS di Suriah dan Irak, sedangkan Houthi Yaman menargetkan kapal-kapal di Laut Merah dan Teluk Aden.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)