Hamas: Perundingan Gencatan Senjata Idulfitri di Gaza Temui Jalan Buntu

Senin, 08 April 2024 - 18:45 WIB
loading...
Hamas: Perundingan Gencatan Senjata Idulfitri di Gaza Temui Jalan Buntu
Hamas mengklaim perundingan gencatan senjata mengalami temui jalan buntu. Foto/AP
A A A
GAZA - Seorang pejabat Hamas mengatakan tidak ada kemajuan yang dicapai pada putaran baru perundingan gencatan senjata Gaza di Kairo yang juga dihadiri oleh delegasi dari Israel, Qatar dan Amerika Serikat. Klaim itu tak lama setelah sumber-sumber Mesir mengatakan kemajuan telah dicapai dalam perundingan tersebut.

Negara-negara Barat telah menyuarakan kemarahan mereka atas apa yang mereka lihat sebagai tingginya angka kematian warga sipil Palestina dan krisis kemanusiaan di Gaza yang diakibatkan oleh serangan militer Israel untuk menghancurkan Hamas di Gaza yang kecil dan padat penduduknya.

Israel dan Hamas mengirim tim ke Mesir pada hari Minggu setelah kedatangan Direktur CIA William Burns pada hari Sabtu, yang kehadirannya menggarisbawahi meningkatnya tekanan AS terhadap kesepakatan yang akan membebaskan sandera yang ditahan di Gaza dan memberikan bantuan kepada warga sipil yang terkena dampak.

“Tidak ada perubahan dalam posisi pendudukan dan oleh karena itu, tidak ada hal baru dalam perundingan di Kairo,” kata pejabat Hamas, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, kepada Reuters.

“Belum ada kemajuan.”

Enam bulan setelah serangannya terhadap gerakan Islam Palestina Hamas yang telah menghancurkan Gaza dan menyebabkan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya kehilangan tempat tinggal dan banyak yang berisiko kelaparan, Israel juga menyuarakan optimisme yang hati-hati mengenai perundingan terbaru.

Di Yerusalem pada akhir pekan, Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz menggambarkan perundingan di Kairo sebagai perjanjian yang paling dekat dengan kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan sejak gencatan senjata pada bulan November di mana Hamas membebaskan puluhan sandera.



Hamas menangkap 253 orang dalam pembunuhan besar-besaran lintas batas pada 7 Oktober di Israel selatan yang memicu perang. Dari jumlah tersebut, 129 sandera masih tersisa, dan para perunding telah menyatakan sekitar 40 orang akan dibebaskan pada tahap pertama perjanjian prospektif dengan Hamas.

Dua sumber keamanan Mesir dan Al-Qahera News mengatakan kemajuan telah dicapai dalam perundingan di Kairo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2763 seconds (0.1#10.140)