Ingin Ciptakan Bencana bagi Rusia, Ukraina Serang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Senin, 08 April 2024 - 14:59 WIB
loading...
Ingin Ciptakan Bencana bagi Rusia, Ukraina Serang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Ukraina menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir untuk menciptakan bencana kemanusiaan. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia mengatakan Ukraina menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang dikendalikan oleh pasukan Rusia tiga kali pada Minggu (7/4/2024).

Moskow menuntut Barat merespons, meskipun Kyiv mengatakan hal itu tidak ada hubungannya dengan serangan tersebut.

Badan Energi Atom Internasional, yang memiliki para ahli di lokasi tersebut, mengatakan ini adalah pertama kalinya pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa menjadi sasaran langsung sejak November 2022 dan mengatakan serangan itu membahayakan keselamatan nuklir.

Pasukan Rusia mengambil alih pabrik tersebut pada tahun 2022 tak lama setelah invasi besar-besaran mereka ke Ukraina. Baik Moskow dan Kyiv telah berulang kali saling menuduh satu sama lain mengambil risiko kecelakaan nuklir dengan menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut.

Perusahaan nuklir negara Rusia, Rosatom, mengatakan Ukraina menyerang pabrik itu tiga kali pada hari Minggu dengan drone, pertama melukai tiga orang di dekat kantin, kemudian menyerang area kargo dan kemudian kubah di atas reaktor No.6.

“Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia telah menjadi sasaran serangkaian serangan drone yang belum pernah terjadi sebelumnya, sebuah ancaman langsung terhadap keselamatan pembangkit listrik tersebut,” kata Rosatom. “Tingkat radiasi di pembangkit listrik dan daerah sekitarnya tidak berubah,” katanya, dilansir Reuters.



Seorang pejabat intelijen Ukraina mengatakan Kyiv tidak ada hubungannya dengan serangan terhadap stasiun tersebut dan menyatakan bahwa serangan tersebut adalah ulah Rusia sendiri.

“Serangan Rusia, termasuk yang meniru, di wilayah pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina… telah lama menjadi praktik kriminal yang terkenal oleh para penjajah,” juru bicara Direktorat Intelijen Utama HUR Ukraina, Andriy Usov.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi laporan medan perang dari kedua belah pihak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)