alexametrics

Bawa 150 Jet Tempur, Kapal Induk AS Ikut Latihan Perang di Asia Timur

loading...
Bawa 150 Jet Tempur, Kapal Induk AS Ikut Latihan Perang di Asia Timur
Dua kapal induk AS dengan membawa 150 jet tempur ikut latihan perang di Asia Timur. Foto/Ilustrasi
A+ A-
TOKYO - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan dua kapal induknya dengan sekitar 150 jet tempur sedang melakukan latihan perang di Laut Filipina. Keikutsertaan dua kapal induk AS itu sebagai bentuk unjuk kekuatan di perairan selatan China dan dalam jarak tembak Korea Utara (Korut).

Dalam siaran persnya Armada Ketujuh AS mengatakan kedua kapal induk, USS Ronald Reagan yang berbasis di Jepang dan USS John C Stennis dikerahkan dari pantai Barat AS, sedang melakukan operasi perang udara, permukaan dan anti-kapal selam.

Angkatan Laut AS telah melakukan operasi seperti itu sebelumnya, termasuk latihan dengan tiga kapal induk tahun lalu ketika ketegangan dengan Korut meningkat. Yang terbaru, bertepatan dengan kunjungan Wakil Presiden AS Mike Pence ke wilayah itu, terjadi ketika pembicaraan denuklirisasi dengan Korut menunjukkan sedikit tanda kemajuan dan di tengah perselisihan perdagangan dengan China.

"Membawa dua kelompok kapal induk bersama-sama memberikan kekuatan tempur angkatan laut yang tak tertandingi," kata Komandan Armada Ketujuh AS, Wakil Laksamana Phil Sawyer, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (15/11/2018).

Sebelumnya USS Ronald Reagan juga mengambil bagian dalam latihan perang terbesar yang pernah dipentaskan di dan di sekitar Jepang bulan ini, yang melibatkan lusinan kapal AS dan Jepang, ratusan pesawat dan ribuan personel militer.

Baca: Kapal Induk Nuklir AS Pimpin Latihan Perang Terbesar di Jepang
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak