Mumi Kucing dan Kumbang Scarab Ditemukan di Makam Mesir Kuno

Minggu, 11 November 2018 - 09:26 WIB
Mumi Kucing dan Kumbang Scarab Ditemukan di Makam Mesir Kuno
Mumi Kucing dan Kumbang Scarab Ditemukan di Makam Mesir Kuno
A A A
KAIRO - Para arkeolog di Mesir menemukan koleksi mumi kucing dan kumbang Scarab dalam serangkaian kuburan kuno. Mumi kucing dan kumbang-kumbang itu ditemukan di makam-makam yang baru ditemukan di dekat Ibu Kota Mesir, Kairo.

Mumi kucing dan kumbang Scarab yang berasal lebih dari 4.000 tahun itu, ditemukan di Saqqara, selatan Kairo. Binatang-binatang itu ditemukan di tanah kuburan yang luas di bekas kota Memphis, Ibu Kota Mesir kuno selama 2.000 tahun seperti dikutip dari BBC, Minggu (11/11/2018).

Orang Mesir kuno percaya kucing, dan hewan lainnya, memegang posisi khusus di akhirat. Salah satu kuburan menyimpan patung perunggu yang didedikasikan untuk Dewi Kucing.

Kumbang Scarabs juga memegang signifikansi religius dan bisa melambangkan dewa matahari, Ra. Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir, mengatakan penemuan mumi kumbang Scarab adalah sesuatu yang benar-benar agak langka.

Manusia dimumikan guna mempertahankan tubuh mereka untuk kehidupan setelah kematian, sementara hewan dimumikan sebagai persembahan religius.

Secara keseluruhan, tujuh sarkofagus ditemukan di tepi kompleks piramida Raja Userkaf. Tiga dari mereka menyimpan mumi kucing.

Pekerjaan lebih lanjut di situs di Saqqara sudah direncanakan. Para arkeolog menemukan pintu ke makam lain yang masih disegel dan mereka berencana untuk membukanya dalam beberapa minggu mendatang.

Makam yang baru ditemukan ini terletak di punggungan yang terkubur dan baru sebagian digali. Para ahli mengatakan makam itu bisa menawarkan lebih banyak penemuan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3643 seconds (0.1#10.140)